30.000 Pelanggan Air Bersih Terdampak Longsor di Jalan Batutulis Bogor

Jum'at, 17 November 2023 - 13:41 WIB
loading...
30.000 Pelanggan Air Bersih Terdampak Longsor di Jalan Batutulis Bogor
Sebanyak 30.000 pelanggan PDAM Tirta Pakuan terdampak penyaluran air bersih imbas longsor di Jalan Batutulis, Kota Bogor. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sebanyak 30.000 pelanggan PDAM Tirta Pakuan terdampak penyaluran air bersih imbas longsor di Jalan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Sebab, terdapat pipa penyaluran air yang terputus karena terbawa material longsoran.

Dirut PDAM Tirta Pakuan Rino Indira Gustiawan mengatakan, pipa yang putus itu untuk melayani air ke wilayah Bogor Barat. Sehingga, suplai air tersebut terganggu tidak bisa menyalurkan air bersih.

"Nah hari ini, suplai air ke in line PAM ini terhenti, karena pipa 12 inci itu copot atau putus," kata Rino, Jumat (17/11/2023).

Menurut Rino, sebanyak 30.000 pelanggan yang terdampak berada di sekitar wilayah Pancasan, Pasirjaya, Gunung Batu, Loji, dan Sindang Barang.

Saat ini, pihaknya sudah menyiapkan sekitar 10 unit mobil tangki untuk menyalurkan air bersih bagi pelanggan terdampak. Jumlah itu diyakininya belum maksimal menyalurkan air.

Adapun penanganan yang akan dilakukan yakni dengan membuat jalur pipa baru untuk menyambung air. Tetapi, untuk sementara pipa tersebut dipasang di atas tanah sampai perbaikan permanen.



"Jadi kita melakukan crossing pipa melawati Jalan Batutulis ini menuju sebelah kiri kita pasang sampai ke depan Istana Batutulis. Nah tapi, kalau kita langsung permanen ini akan memakan waktu cukup lama jadi kita akan ekspose pipa ini di atas trotoar sementara sambil kita mempersiapkan tempat pipa setelah agar leluasa waktu perbaikannya, yang penting kita percepatan pengaliran air ke wilayah Bogor Barat dan sekitarnya," jelasnya.

Perbaikan sedianya dilakukan secepat mungkin agar layanan air dapat segera ditangani. Diharapkan, perbaikan pipa selesai pada malam ini.

Sebelumnya, tebingan yang berada di Jalan Raya Batutulis, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor tergerus longsor pada Kamis 16 November 2023. Longsor tersebut disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sore hari.

Tebingan yang longsor dan memakan badan jalan itu berada di atas proyek underpass Stasiun Batutulis. Longsor tersebut memiliki kedalaman 25 meter dengan lebar mencapai 50-60 meter.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2611 seconds (0.1#10.140)