Disorot Soal Pidato 'Pribumi', Anies: Konteksnya Era Penjajahan

Selasa, 17 Oktober 2017 - 14:26 WIB
Disorot Soal Pidato Pribumi, Anies: Konteksnya Era Penjajahan
Disorot Soal Pidato 'Pribumi', Anies: Konteksnya Era Penjajahan
A A A
JAKARTA - Pidato Anies Baswedan saat menyapa warga Ibu kota dalam Selamatan Jakarta kemarin mendapat sorotan publik. Pasalnya dalam pidato tersebut Anies masih menggunakan kata pribumi yang dianggap cukup sensitif dalam situasi seperti saat ini.

Anies pun langsung menjelaskan maksud kata pribumi dalam pidatonya itu oleh awak media pada hari pertama kerja. "Itu istilah digunakan dalam konteks pada saat era penjajahan," kata Anies di Gedung Pola, Balai Kota, Selasa (17/10/2017).

Mantan Mendikbud itu menjelaskan mengapa mengaitkan penjajahan di Tanah Air dengan Jakarta. Menurutnya saat itu, penjajah yakni Belanda menduduki Jakarta dalam waktu yang cukup lama.

Warga Jakarta juga merasakan betul dan dapat melihat dari dekat penjajah Belanda. "Jakarta ini kota yang paling merasakan (penjajahan)," ujarnya.

Anies mengatakan, saat ini penggunaan kata tersebut disalahartikan oleh media massa. Ia berharap semestinya media dapat membuat perbaikan dan tidak salah dalam menafsirkan penggunaan kata tersebut.

"Makanya itu digunakan untuk menjelaskan era kolonial Belanda. Itu pelintiran sejumlah media tapi sekarang sudah dikoreksi ya. Saya harap media lain juga koreksi isinya. Anda baca teksnya itu bicara era kolonial Belanda," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8816 seconds (0.1#10.140)