Benyamin-Pilar Ungkap Capaian Pemkot Tangsel dari Ketahanan Pangan hingga Lingkungan

Jum'at, 10 November 2023 - 18:41 WIB
loading...
A A A
"Karena salah satu misi kami mendorong bagaimana Sumber Daya Manusia di Tangerang Selatan menjadi SDM yang unggul. Dan salah satu caranya membentuk SDM unggul ya lewat pendidikan," ujarnya.

"Melaksanakan tugas seiring sejalan dengan visi misi kami, ya itu tadi mencetak SDM yang unggul. Mari kita laksanakan tugas pokok dan fungsi sebaik-baiknya sambil diskusi seperti apa kita harus masing-masing melaksanakan tugas," sambungnya.

Bukan hanya pendidikan, dia juga bicara kota kota nyaman dan bersih. Yang diawali dengan menjaga lingkungan menjadi tanggung jawab bersama. Diperlukan kepedulian dari seluruh masyarakat.

"Sederhana saja, seperti saat ini di tengah cuaca panas ekstrem, tanaman yang ada di rumah kita, kita siram sebaik-baiknya supaya tidak kering. Hati-hati juga itu puntung rokok, percikan api sekecil apa pun dalam kondisi kekeringan saat ini bisa menyebabkan kebakaran yang dahsyat," imbuhnya.

Upaya juga dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam persoalan lingkungan. Mulai penanaman pohon, uji coba bus sekolah, uji emisi kendaraan, termasuk pula menggelar Car Free Day. "Mari kita jaga supaya udara di atas kita ini dapat kita hirup dengan baik, dengan bersih, menyehatkan kita. Jangan membakar sampah, walaupun skalanya kecil," pungkasnya.

Pemkot Kota Tangsel juga berkomitmen tentang ketahanan pangan. Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan memastikan ketersediaan dan harga beras dapat terjangkau di Tangerang Selatan. "Seperti arahan Presiden juga bahwa untuk pengendalian harga beras untuk membanjiri pasokan beras di pasar. Dan pastikan soal stok dan harganya," ucap Pilar.

Ia mengatakan, telah membentuk satuan tugas ketahanan pangan diharapkan dapat melakukan pemantauan harga, ketersediaan pangan dan juga ketahanan pangan di Tangerang Selatan. Untuk itu, kata Pilar, berbagai langkah strategis harus dilakukan. Termasuk masukan dari Kementrian Dalam Negeri untuk stabilisasi terutama harga beras.

"Pertama memprioritaskan penyaluran beras, stabilisasi pasokan harga pangan secara masif, berkelanjutan untuk pedagang pengecer di pasar-pasar tradisional," ucapnya.

Lalu, pemantauan penyaluran beras agar tepat sasaran. Dilanjutkan, publikasi mengenai penyebaran informasi titik lokasi pendistribusian beras. "Keempat, pemanfaatan media sosial agar publisitas kegiatan penyaluran distribusi stabilisasi pasokan harga pangan. Di mana diharapkan memberikan dampak psikologis yakni memberikan ketenangan masyarakat," ucap Pilar.

Sejumlah langkah itu yang harus dimatangkan dan dilakukan guna memperkuat dan menjaga ketahanan pangan di Tangerang Selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)