Bogor Memasuki Musim Pancaroba, BPBD: Potensi Bencana Tinggi

Minggu, 08 Oktober 2017 - 17:35 WIB
Bogor Memasuki Musim Pancaroba, BPBD: Potensi Bencana Tinggi
Bogor Memasuki Musim Pancaroba, BPBD: Potensi Bencana Tinggi
A A A
BOGOR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengingatkan warga Kota Bogor akan bahaya bencana alam, terutama longsor. Potensi terjadinya bencana di Kota Bogor cukup tinggi saat memasuki musim pancaroba atau pergantian musim kemarau ke musim hujan.

Kepala BPBD Kota Bogor Ganjar Gunawan mengatakan, saat pergantian musim kemarau ke musim hujan memang sangat rawan terjadi bencana. Apalagi belakangan ini Kota Bogor kerap dilanda hujan lebat dengan disertai angin kencang dan petir.

"Beberapa hari ke belakang ada pohon tumbang dan longsor, beruntung tidak ada korban," ujar Gunawan seusai mengikuti apel gabungan Search And Rescue (SAR), BPBD, Taruna Siaga Bencana (Tagana), Pemadam Kebakaran, TNI-Polri, dan relawan, Minggu (8/10/2017).

Gunawan menjelaskan, Kota Bogor tergolong kawasan yang berada di luar daerah perkiraan musim (DPM), sehingga potensi terjadinya bencana cukup besar. "Kota Bogor memiliki musim yang berbeda dengan daerah lain. Dis aat daerah lain di Jawa Barat sedang kekeringan, di Kota Bogor malah hujan," terangnya.
Karena itu, pihaknya terus mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman bencana.

"Masyarakat, khususnya di Kota Bogor, diimbau untuk lebih berhati-hati, lebih siaga dan waspada. Terlebih akhir-akhir ini sering terjadi pohon tumbang," tutupnya. Baca: Diduga Akibat Kebocoran Air, Longsor Tewaskan Satu Orang di Bogor)
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5979 seconds (0.1#10.140)