Asal-usul Daerah Koja Jakut, Pernah Jadi Tempat Bermukim Orang Khoja India

Sabtu, 04 November 2023 - 13:33 WIB
loading...
A A A
Salah satu kelurahan di Koja yang memiliki sejarah menarik adalah Tugu. Tugu adalah sebuah kampung yang dihuni oleh keturunan Portugis Mardijkers yang telah dibebaskan dari tawanan perang pemerintah Hindia Belanda.

Mereka berasal dari Maluku, Ambon, Ternate, dan sekitarnya dengan membawa budaya, bahasa, dan agama Kristen dari Portugis. Mereka juga dikenal sebagai ahli musik dan tari.

Mereka mempertahankan tradisi dan identitas mereka hingga sekarang. Salah satu ciri khas mereka adalah gereja Tugu yang berdiri sejak tahun 1678.

Koja merupakan salah satu pusat industri dan perdagangan di Jakarta Utara. Bagian timur dari Pelabuhan Tanjung Priok termasuk dalam kecamatan ini, yang terdiri dari Terminal Kontainer I, Terminal Kontainer III, dan Terminal Kontainer Koja.

Pelabuhan ini merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk di Indonesia yang melayani berbagai jenis barang dan jasa. Pelabuhan ini juga menjadi pintu gerbang bagi perekonomian nasional dan internasional.

Selain pelabuhan, Koja juga memiliki beberapa fasilitas publik dan sosial yang penting, seperti RSUD Koja, Stasiun Kereta Api Koja, Pasar Koja, Terminal Bus Koja, dan lain-lain.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)