Asal-usul Cipete Jakarta Selatan, Benarkah Dulunya Ditumbuhi Banyak Pohon Petai?

Rabu, 01 November 2023 - 14:37 WIB
loading...
Asal-usul Cipete Jakarta Selatan, Benarkah Dulunya Ditumbuhi Banyak Pohon Petai?
Cipete adalah salah satu kelurahan yang berada di Jakarta Selatan. Foto/Dok. MRT Jakarta
A A A
JAKARTA - Asal-usul Cipete Jakarta Selatan menarik diketahui. Biasanya, nama-nama wilayah di Jakarta terinspirasi dari ciri khas daerah tersebut.

Cipete adalah salah satu kelurahan yang berada di Jakarta Selatan. Wilayah ini terbagi menjadi dua bagian, yakni kelurahan Cipete Utara dan kelurahan Cipete Selatan.

Nama wilayah Cipete memang kerap dikaitkan dengan jenis sayuran yang beraroma khas bernama petai. Sayuran tersebut kerap dikonsumsi masyarakat dipadukan dengan ikan asin dan sambal.



Lantas, apakah nama Cipete benar berasal dari nama petai? Berikut ulasannya.

Asal-usul Cipete


Pada awalnya wilayah Cipete merupakan pemukiman atau perkampungan yang mayoritas penduduknya adalah masyarakat asli Betawi. Seperti diketahui, suku Betawi merupakan suku asli yang menghuni wilayah Jakarta sejak zaman dahulu.

Seiring berjalannya waktu, banyak penduduk berdatangan dari berbagai penjuru Indonesia ke wilayah Jakarta. Salah satunya ke wilayah yang saat ini dikenal dengan nama Cipete.



Hingga akhirnya Cipete menjadi tuan rumah bagi banyak orang dari berbagai lapisan masyarakat yang mencari hunian di lingkungan yang semakin berkembang. Selama masa itu, Cipete menjadi semakin beragam dalam hal sosial dan ekonomi.

Dalam buku berjudul “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe” karya Zaenuddin HM yang diterbitkan oleh Ufuk Press pada Oktober 2012 menjelaskan asal-usul Cipete. Sebelum menjadi bagian dari Jakarta Selatan yang padat penduduk seperti sekarang, Cipete adalah sebuah desa kecil yang dikelilingi oleh sawah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6027 seconds (0.1#10.140)