Ada Penyesuaian Perjalanan KRL Bogor, Kecepatan Maksimal Meningkat

Selasa, 31 Oktober 2023 - 04:38 WIB
loading...
Ada Penyesuaian Perjalanan KRL Bogor, Kecepatan Maksimal Meningkat
KAI Commuter memberlakukan penyesuaian grafik perjalanan kereta api (Gapeka) 2023 untuk 1 November 2023. Foto/Dok SINDonews
A A A
JAKARTA - KAI Commuter memberlakukan penyesuaian grafik perjalanan kereta api (Gapeka) 2023 untuk 1 November 2023. Sejumlah penyesuaian ini akan berdampak pada kecepatan maksimal dan waktu tembuh untuk KRL lintas Bogor.

Penyesuaian ini juga sejalan dengan adanya pembangungan prasarana yang lebih andal pada lintas Bogor hingga Manggarai. Nantinya kecepatan maksimal pada lintas tersebut akan menjadi 80 km per jam.

"Semula 70 km per jam, sehingga waktu tempuh perjalanan dari Bogor-Manggarai/Jakarta Kota berkurang tujuh hingga delapan menit. Sehingga yang semula 92 menit menjadi 85 menit," kata Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Senin (30/10/2023).



Perubahan kecepatan maksimal juga mempengaruhi waktu tempuh perjalanan KRL lintas Bogor-Manggarai. Hal itu semua 70 menit diharapkan akan menjadi 62 menit.

“KAI commuter mengimbau kepada calon pelanggan untuk memperhatikan kembali jadwal perjalanannya. Pasalnya, percepatan waktu tempuh tersebut juga berimbas pada perubahan jam keberangkatan perjalanan Commuter Line Bogor di seluruh stasiun lintas Bogor - Jakarta Kota," ungkapnya.

Sejalan dengan ini, pemberangkatan perjalanan KRL Bogor di seluruh stasiun pemberhentian pun akan mengalami perubahan mulai satu hingga lima menit. Keberangkatan awal Commuter Line di Stasiun Bogor pada pagi hari juga akan ditambah dua perjalanan yaitu pemberangkatan pukul 05.25 WIB dan 05.50 WIB.

Dengan penambahan kecepatan maksimal perjalanan Commuter Line ini, KAI Commuter juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melintas di perlintasan sebidang pada lintas Bogor - Manggarai untuk menjaga keselamatan saat melintas.

Pengemudi kendaraan yang akan melintas diperlintasan sebidang wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup dan atau ada isyarat lain utuk mendahulukan perjalanan kereta api.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)