5 Gereja Tertua di Jakarta, Nomor Terakhir Dibangun Tahun 1695

Rabu, 25 Oktober 2023 - 15:58 WIB
loading...
5 Gereja Tertua di Jakarta, Nomor Terakhir Dibangun Tahun 1695
Gereja Sion termasuk salah satu yang tertua di Jakarta. Foto/Kebudayaan Kemdikbud
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah gereja tertua di Jakarta yang memiliki nilai sejarah tinggi. Sebagian besar bangunan gereja di Jakarta merupakan warisan dari masa penjajahan Belanda.

Gereja-gereja tua di Jakarta juga telah dikategorikan sebagai cagar budaya yang dilindungi. Meski sudah berusia ratusan tahun, namun keindahan arsitekturnya saat ini masih tetap dapat dinikmati.

Berikut deretan gereja tertua di Jakarta

Gereja Tertua di Jakarta


1. Gereja Katedral


Gereja Katedral Jakarta dikenal secara resmi sebagai Katedral Santa Maria Pelindung. Gereja Katolik Roma ini terletak di Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.



Gereja Katedral didirikan pada tahun 1810 oleh pemerintah Belanda di Batavia hingga kemudian mengalami beberapa kali renovasi dan perluasan. Sampai pada akhirnya tempat ibadah tersebut baru diresmikan pada tahun 1901.

Gereja Katedral Jakarta merupakan pusat ibadah bagi umat Katolik Roma di Jakarta dan sekitarnya. Gereja ini sering menjadi tempat perayaan misa dan perayaan keagamaan lainnya.

2. Gereja Immanuel


Gereja Immanuel, yang juga dikenal sebagai Gereja Blenduk, dibangun pada tahun 1753 oleh pemerintah Hindia Belanda. Pembangunan gereja tersebut selesai pada tahun 1893. Lokasinya berada di Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat.

Gereja Immanuel berperan sebagai monumen penting dalam sejarah Kristen di Indonesia dan menjadi salah satu situs wisata bersejarah yang populer di Kota Tua Jakarta. Selain menjadi tempat ibadah, gereja ini juga digunakan untuk berbagai acara budaya dan seni.

3. Gereja Tugu


Gereja Tugu, atau Gereja Pantekosta Tugu, adalah sebuah gereja di Jakarta yang terletak di daerah Tugu, Jakarta Utara. Gereja ini pertama kali didirikan oleh Pdt. Melchior Leydecker pada 1678.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2372 seconds (0.1#10.140)