alexa snippet

Dishub Depok Berlakukan Sistem Satu Arah di Jalan Arif Rahman Hakim

Dishub Depok Berlakukan Sistem Satu Arah di Jalan Arif Rahman Hakim
Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
DEPOK - Setelah memberlakukan sistem satu arah (SSA) di Jalan Dewi Sartika, saat ini Dinas Perhubungan Kota Depok juga memberlakukan sistem serupa di Jalan Arif Rahhman Hakim (ARH). Hanya saja di ruas jalan ini tidak diberlakukan 24 jam seperti di Jalan Dewi Sartika.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok R Gandara Budiana mengatakan, SSA di Jalan ARH hanya diberlakukan sore hingga malam hari."Penerapannya mulai pukul 15.00-22.00 WIB, hanya saat jam sibuk pulang kerja saja," kata Gandara pada wartawan, Jumat (18/8/2017).

Pada jam tersebut, kendaraan hanya diperbolehkan melintas dari arah Timur ke Barat saja. Artinya kendaraan hanya boleh melintas dari Jalan Margonda (simpang Ramanda) ke arah Jalan Nusantara atau ke arah Depok Jaya atau Beji. "Ini mendahulukan jam orang pulang kantor karena untuk urai kemacetan," ucapnya.

Sementara di luar jam tersebut, arus kendaraan akan tetap dua arah atau normal kembali seperti sebelumnya atau dua arah. "Di luar jam itu tetap normal. Tetap bisa dilalui dua arah," paparnya.

Penerapan uji coba sistem satu arah di Jalan ARH ini, lanjut Gandara, dilakukan setelah pihaknya melakukan kajian dan analisa atas penerapan sistem satu arah di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara selama dua pekan ini. "Adanya SSA kita lihat dampaknya terjadi kepadatan di Jalan Arif Rahman Hakim, mulai pukul 15.00- 22.00 WIB. Karenanya di jam tersebut kami terapkan sistem satu arah di Jalan ARH, mulai Senin lalu," katanya.

Menurut Gandara, untuk mendukung terlaksananya uji coba SSA, pihaknya telah memasang rambu dan plang tanda pemberitahuan di sejumlah titik."Kami akan evaluasi terus dan lakukan kajian serta analisa selama sistem ini diterapkan di Jalan ARH," katanya.

Sementara itu masyarakat yang biasa menggunakan Jalan ARH menolak adanya rencana perapan SSA di ruas jalan tersebut. "Lah gimana kita dari Depok Utara mau ke Margonda harus mutar dulu ke Jalan Nusantara dan Dewi Sartika lah jadi diputar-putar nih," kata salah satu warga Bariah.

Marlita warga lainnya menambahkan penerapan SSA hanya membebankan masyarakat saja yang setiap harinya beraktivitas. "Adanya SSA di Jalan Dewi Sartika saja kita sudah membutuhkan waktu lama gimana SSA di Jalan Arif Rahman Hakim tambah beban lagi kita apalagi ongkos angkot mahal," katanya.
(whb)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top