Mahasiswa STIK Angkatan Ke-81 Gelar Program Sambang dan Ngobrol Bareng di Mampang Prapatan

Rabu, 18 Oktober 2023 - 17:51 WIB
loading...
Mahasiswa STIK Angkatan Ke-81 Gelar Program Sambang dan Ngobrol Bareng di Mampang Prapatan
Mahasiswa STIK angkatan ke-81 menggelar program Sambang dan Ngobrol Bareng dalam rangka memberikan imbauan Kamtibmas kepada warga RW 05, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (17/10/2023). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) angkatan ke-81 menggelar program Sambang dan Ngobrol Bareng dalam rangka memberikan imbauan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) kepada warga RW 05, Mampang Prapatan , Jakarta Selatan, Selasa (17/10/2023).

Mahasiswa didampingi Kombes Pol Pungky Bhuana Santoso sebagai perwira pengawas. "Program ini merupakan bagian dari upaya mahasiswa untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dan berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan," ujar Pungky.

Kegiatan mahasiswa STIK angkatan ke-81 ini juga bekerja sama dengan Polres Metro Jakarta Selatan melalui program Halo Polisi.



Dalam era modern ini, peran polisi tidak hanya sebatas tugas penegakan hukum, tetapi juga melibatkan upaya membangun hubungan positif antara aparat kepolisian dan masyarakat.

Menurut dia, pemahaman yang lebih mendalam tentang kebutuhan dan perasaan masyarakat sangat penting untuk menciptakan lingkungan aman dan damai.

Kegiatan diselenggarakan di Balai Karang Taruna RW 05, Kelurahan Mampang Prapatan. Acara diawali pembukaan dari Bhabinkamtibmas Aipda Endang yang menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan mahasiswa.

Kemudian, mahasiswa STIK diberikan kesempatan berinteraksi dan berbicara tentang berbagai aspek Kamtibmas. Mereka membahas pentingnya kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan, mengenali tanda-tanda potensi ancaman, serta menginformasikan tentang langkah-langkah yang dapat diambil jika terjadi situasi darurat.

Selama kunjungan ini, mahasiswa juga memberikan materi pendidikan Kamtibmas kepada warga. Mereka menjelaskan pentingnya menjaga kerukunan sosial, menghindari praktik-praktik ilegal, dan melaporkan segala tindakan mencurigakan kepada aparat kepolisian.

Ketua RW 05 Rofik mengapresiasi program Sambang dan Ngobrol Bareng yang diadakan mahasiswa STIK. Kehadiran mereka sangat membantu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan lingkungan.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat nyata kepada masyarakat tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa STIK. "Mereka belajar berkomunikasi dengan beragam jenis orang dan memahami berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat," ujarnya.

Program Sambang dan Ngobrol Bareng mahasiswa STIK angkatan ke-81 di RW 05, Mampang Prapatan merupakan contoh nyata bagaimana pendidikan polisi tidak hanya menciptakan profesionalisme dalam penegakan hukum, tetapi juga menjalin hubungan yang baik antara kepolisian dan masyarakat.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)