Profil AKBP Hendri Umar, Wadirreskrimsus Baru Polda Metro Jaya yang Punya Prestasi Cemerlang

Senin, 16 Oktober 2023 - 07:25 WIB
loading...
Profil AKBP Hendri Umar, Wadirreskrimsus Baru Polda Metro Jaya yang Punya Prestasi Cemerlang
AKBP Hendri Umar diangkat menjadi Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus (Wadirreskrimsus) Polda Metro Jaya sesuai Surat Telegram Kapolri ST/2360/X/KEP./2023. Foto: MPI/Dok
A A A
JAKARTA - AKBP Hendri Umar diangkat menjadi Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus (Wadirreskrimsus) Polda Metro Jaya sesuai Surat Telegram Kapolri ST/2360/X/KEP./2023. Ia akan menggantikan AKBP Eko Prasetyo yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Pemeriksa Utama Puslabfor Bareskrim Polri.

Pria kelahiran Solok, Sumatera Barat, 26 Februari 1981 ini sejatinya bukan orang baru di Polda Metro Jaya. Dikutip dari data Litbang SINDOnews, Senin (16/10/2023), di awal kariernya menjadi anggota Polri, suami dari Fianti Mala pernah berdinas di Dalmas Ditsamapta, Kasubnit Resmob Polres Jakarta Pusat dan Polres Jakarta Barat, sebelum akhirnya pindah ke Jawa Timur.



AKBP Hendri Umar merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2002. Dalam perjalanan kariernya di Jawa Timur, ia pernah menjabat Kanit Idik V Satreskrim Polwiltabes Surabaya, Kanit Idik V Satreskrim Polrestabes Surabaya, Kanit III Turjawali Subdit Gasum Ditsabhara Polda Jawa Timur, Paur Subbag Renminops Bag Binops Roops Polda Jawa Timur, Kasatreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak, dan Kanit III Subdit III Ditreskrimum Polda Jawa Timur.

Setelah malang melintang di Jawa Timur, Hendri dapat panggilan tugas ke Mabes Polri. Dia mendapat kepercayaan menjadi bagian dari tim Sekpri Kapolri Spripim Polri. Hendri cukup lama bertugas di sana. Hendri juga sempat bertugas di Polda Sulawesi Tenggara sebelum kembali ke Mabes Polri.

Ayah empat anak itu pernah jadi bagian tim Sekpri Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti, sampai era Jenderal Pol Idham Azis.Jabatan terakhirnya di sana adalah Kasubbag Bungkol Spripim Polri.



Tugasnya adalah melayani kelengkapan dinas sehari-hari pimpinan Polri, dalam hal ini adalah Kapolri. Sesuai nama jabatannya, dia sempat menjadi Kasubbag penghubung dan protokol Sepri Kapolri.

Dari jabatan Kasubbag Bungkol Spripim Polri, AKBP Hendri kemudian mendapat kepercayaan dari Kapolri untuk menduduki posisi Kapolres Malang pada 14 Februari 2020. Namun, ia hanya setahun menjadi orang nomor 1 di Polres Malang.

Pada tahun di 2021 ia kembali ditarik ke Mabes Polri. Meski hanya setahun di Malang, AKBP Hendri Umar termasuk berprestasi. Kinerjanya meningkat dalam pengungkapan kasus dan membuat inovasi pelayanan publik sehingga ia banyak mendapat berbagai penghargaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2090 seconds (0.1#10.140)