239 Kucing di Kepulauan Seribu Disuntik Vaksin Rabies

Minggu, 01 Oktober 2023 - 08:39 WIB
loading...
239 Kucing di Kepulauan Seribu Disuntik Vaksin Rabies
Sebanyak 239 ekor kucing di Pulau Kelapa dan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu disuntik vaksin rabies. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sebanyak 239 ekor kucing di Pulau Kelapa dan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu disuntik vaksin rabies . Kegiatan yang digelar Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu itu dalam upaya mencegah penularan rabies pada hewan.

Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya menjelaskan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempertahankan DKI Jakarta sebagai kota bebas rabies sekaligus memperingati Hari Rabies Sedunia. “Kegiatan vaksinasi ini melibatkan Yayasan Peduli Lingkungan dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia DKI Jakarta,” kata Devi saat dikonfirmasi pada Minggu (1/10/2023).

Dalam kegiatan vaksinasi hewan penular rabies ini, pihaknya berhasil melakukan vaksinasi terhadap 239 ekor kucing, dengan rincian 120 ekor jantan, dan 119 ekor betina. “Sebelumnya kami juga melakukan sterilisasi terhadap 162 ekor kucing di halaman Kantor Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Dengan vaksinasi, HPR juga akan lebih sehat,” tuturnya.



Sementara itu, Camat Kepulauan Seribu Utara Angga Saputra mengatakan kegiatan vaksinasi dan sterilisasi ini cara yang sangat aman, dan dapat membantu melindungi kucing dan bahkan manusia dari penyakit yang mematikan, misalnya feline panleukopenia.

“Vaksin bisa menghemat biaya dan waktu. Biaya pengobatan kucing yang sakit bisa sangat mahal dan tentu saja perlu waktu untuk penyembuhannya dan bisa menambah stres pemilik. Semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan dan diselenggarakan setiap tahun,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)