Djarot Ingin Kalangan Pelaku UMKM Bisa Manfaatkan Jakarta Fair

Kamis, 15 Juni 2017 - 06:23 WIB
Djarot Ingin Kalangan Pelaku UMKM Bisa Manfaatkan Jakarta Fair
Djarot Ingin Kalangan Pelaku UMKM Bisa Manfaatkan Jakarta Fair
A A A
JAKARTA - Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017 resmi dibuka oleh Pelaksana Tugas (PLT) Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saeful Hidayat, Rabu 14 Juni 2016. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan transaksi kegiatan yang sebenarnya telah dibuka sejak 6 Juni lalu itu mencapai Rp 7 Triliun.

Djarot mengatakan, selain memasarkan berbagai produk dengan harga murah, pagelaran JFK merupakan ajang untuk memperkenalkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di seluruh Indonesia, antara lain produk-produk terbaik yang sifatnya kuliner, industri kreatif berupa fashion atau industri rumah tangga.

Dia berharap dengan adanya pagelaran JFK itu mendapatkan target penjualan mencapai Rp7 triliun, meningkat dari tahun lalu Rp6,1 triliun. "Kesempatan ini seharusnya digunakan oleh pelaku industri UMKM. Pasalnya, bangsa Indonesia dikaruniai produk yang tak kalah dengan milik asing dari tangan-tangan yang terampil," kata Djarot di kawasan Jakarta Internasional Expo, Rabu 14 Juni 2017.

Djarot menjelaskan, pembukaan JFK yang sudah dimulai sejak 6 Juni lalu bertepatan dengan hari lahir Soekarno. Bahkan, bulan ini juga dikukuhkan sebagai Bulan Pancasila dan warga Indonesia sudah memperingati Pancasila dengan moto Saya Indonesia, Saya Pancasila'.

Salah satu cita-cita besar pendiri Republik Indonesia, kata Djarot, bagaimana membangun indonesia ke depan melalui prinsipp bahwa Indonesia negara yang kaya raya dan harus mampu berdaulat dalam bidang politik.

"Indonesia harus berdikari dan punya kepribadian kuat sebagai budaya Indonesia. Kami berharap JFK menjadi momentum untuk mewujudkan cita-cita itu karena JFK sudah dikunjungi 5,5 juta pendduk dengan transaksi lebih dari Rp6,1 triliun. Diharapkan JFK 2017 bisa menyedot 6 juta pengunjung dengan transaksi Rp6,7 triliun atau Rp7 triliun," tuturnya.

Menteri Perdagangan Endsrtiasto Lukita yang ikut dalam peresmian mengungkapkan kenangannya ke Jakarta Fair saat dirinya masih kecil.
Menurut dia, saat ini JFK tetap menampilkan pesona yang sama. "Di JFK ini kita juga ingin menarik pengunjung dari mancanegara supaya mereka melihat bagaimana produk yang dihadirkan dan ini juga akan mendorong ekspor," tuturnya.

Ketua Panitia Penyelenggara JFK Prajna Murdaya berharap gelaran JFK bisa membantu meningkatkan dan mengisi daya beli konsumen terhadap berbagai jenis produk yang ditawarkan di dalam JFK. Dengan begitu, kata dia, JFK mampu ikut memutar roda ekonomi bangsa.

JFK yang akan berakhir pada 16 Juli 2017 nanti diharapkannya dapat menumbuhkan semangat promosi perdagangan dan inovasi perindustrian yang selalu mewarnai penyelenggaraan JFK. Selain itu, kata dia, dapat membantu tersedianya lapangan pekerjaan bagi masyarakat serta memicu peningkatan volume ekonomi nasional yang pada akhirnya berkontribusi memajukan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia yang makmur sentosa.

"JKF tahun ini bertema Indonesia Tetap Bersatu, Indonesia Bahagia," ucapnya.

Hadir pula dalam acara, mantan Gubernur DKI Sutiyoso, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, dan Dirjen Otda Kemendagri Sumarsono. Panggung peresmian diawali dengan tari lenggang kipas dan diakhiri penampilan drama musikal yang di antaranya diperankan oleh Titiek Puspa dan Dira Sugandi.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8377 seconds (0.1#10.140)