5 Fakta Kombes Pol Susatyo Purnomo, Kapolres Jakarta Pusat yang Baru

Rabu, 27 September 2023 - 12:53 WIB
loading...
5 Fakta Kombes Pol Susatyo Purnomo, Kapolres Jakarta Pusat yang Baru
Kombes Pol Susatyo Purnomo dipercaya Kapolri menjabat Kapolres Jakarta Pusat. Kombes Susatyo memiliki sejumlah fakta menarik selama berkarier di kepolisian. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro dipercaya Kapolri menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Pusat. Kombes Susatyo memiliki sejumlah fakta menarik selama berkarier di kepolisian.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memutasi sejumlah perwira menengah (Pamen) Polri. Salah satunya jabatan Kapolres Metro Jakarta Pusat. Mutasi tersebut tercantum dalam ST/2164/IX/KEP/2023 tertanggal Selasa, 26 September 2023. Telegram rahasia itu ditandatangani oleh As SDM Kapolri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

”Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro jabatan lama penyidik Tindak Pidana Madya TK II Bareskrim Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Metro Jakarta Pusat Polda Metro Jaya,” bunyi keterangan tertulis dikutip SINDOnews, Rabu (27/9/2023).


Ditunjuk sebagai Kapolres Metro Jakarta Pusat, tentu sebuah peluang sekaligus ujian bagi Kombes Susatyo. Sebab wailayah Jakarta Pusat sangat sentral dan terdapat sejumlah objek vital.

Polres Jakarta Pusat memiliki tugas sentral menjaga keamanan Ring 1 Istana Negara, Istana Kepresidenan, serta sejumlah objek vital lainnya, seperti Gedung DPRI RI, Monas, stasiun Gambir, hingga Kedutaan Besar AS dan kantor-kantor kementerian/lembaga. Tentu kinerja Kapolres Metro Jakarta menjadi sorotan.

Keberhasilan menjaga keamanan wilayah Jakarta Pusat tentu akan berbuah positif untuk langkah karier yang lebih mentereng. Sebaliknya, jika gagal bukan tidak mungkin karier Susatyo Purnomo berhenti di sini.



Namun melihat fakta-fakta rekam jejaknya, Kombes Susatyo diyakini tidak mengalami kendala dalam memimpin wilayah hukum Jakarta Pusat. Berikut fakta-fakta Kombes Susatyo:

1. Berpengalaman Bidang Reserse

Kombes Pol Susatyo merupakan pria kelahiran 24 November 1977 yang berpengalaman di bidang reserse. Lulusan Akademi Polisi (Akpol) 1998 pernah menjabat Wakasat Reskrim Polresta Surakarta pada 2002, Wakasat Reskrim Polrestro Jakarta Selatan pada 2006, dan Kapolsek Serpong Polres Tangerang pada 2006 Kasat Reskrim Polres Depok, Kasat Reskrim Polrestro Bekasi, dan Kasat Reskrim Polrestro Jakarta Utara pada 2010,.

Susatyo juga sudah pengalaman menduduki sejumlah jabatan strategis di tubuh Polri. Antara lain Kanit IV Fismondev Ditreskrimsus Polda Metro Jaya pada 2011, Kapolsek Metro Pademangan pada 2012, hingga Sespimen pada 2013. Susatyo kemudian diangkat menjadi Kapolsek Metro Gambir pada 2014, Kabag Ops Polres Metro Jakarta Pusat pada 2015, Kapolres Madiun Kota pada 2016, dan Kapolres Sukabumi Kota pada 2017.

Kariernya terus meningkat, pada 2019 Susatyo menjabat sebagai Wakapolres Metro Jakarta Pusat dan Dirresnarkoba Polda Banten 2020, kemudian menjabat sebagai Kapolresta Bogor. Sempat dimutasi menjadi Penyidik Tindak Pidana Madya TK II Bareskrim Polri, Susatyo akhirnya kembali ke Jakarta Pusat sebagai Kapolres Metro Jakarta Pusat.

2. Terlibat Pengepungan Teroris di Sarinah

Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro merupakan salah satu anggota Polri yang terlibat langsung baku tembak dan pengepungan terorisme di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada 14 Januari 2016 silam. Saat peristiwa itu terjadi, Susatyo menjabat sebagai Kabag Ops Polres Metro Jakarta Pusat. Berkat keberaniannya, aksi terorisme di Ibu Kota berhasil lumpuhkan.

3. Sejahterakan Marbot Masjid di Kota Bogor

Saat menjabat Kapolresta Bogor Kota, Kombes Susatyo Purnomo Condro menggagas sejumlah inovasi, salah satunya program Marbot Mart. Program ini bertujuan menyejahterakan marbut di Kota Bogor dengan memberikan bantuan modal usaha untuk membuka warung kelontong agar marbut memiliki penghasilan tambahan.
Atas programnya itu, Kombes Susatyo pun diusulkan warga Kota Bogor penerima Hoegeng Awards 2022

Atas inovasinya itu Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menerima penghargaan dari Wali Kota Bogor sebagai tokoh inspiratif dengan dedikasi dan dukungannya terhadap pemberdayaan koperasi dalam program Marbot Mart.

Saat melepas jabatan Kapolres Bogor Kota, Kombes Susatyo berhasil membuat 68 marbot mart untuk para marbot masjid sesuai dengan jumlah kelurahan yang ada di Kota Bogor.

4. Bentuk Tim Khusus Kujang

Saat menjabat Polresta Bogor Kota, Kombes Susatyo juga berhasil menurunkan angka tawuran yang meresahkan warga secara signifikan. Hal itu berkat kehadiran Tim Khusus bernama Tim Kujang bentukan Kombes Susatyo. Tim Kujang inilah yang setiap hari menggelar giat patroli dan efektif menindak berbagai tindak kriminalitas dan gangguan Kamtibmas yang meresahkan warga.

5. Adik Kandung Brigadir Jenderal Sambodo Purnomo Yugo

Kombes Susatyo merupakan adik kandung dari Brigadir Jenderal Sambodo Purnomo Yugo. Sambodo merupakan mantan Dirlantas Polda Metro Jaya yang kini menjabat Karojakstra Srena Polri. Sambodo pecah bintang setelah dimutasi memalui Surat Telegram (ST) Kapolri dengan nomor ST/1214/VI/KEP./2022 tertanggal 20 Juni 2022.

Kini menarik ditunggu apakah Kombes Susatyo bakal pecah bintang mengikuti jejak karier sang kakak, Brigadir Jenderal Sambodo Purnomo Yugo.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)