Festival LIKE di GBK Senayan, Apresiasi KLHK terhadap Aktor Pelestari Lingkungan

Senin, 25 September 2023 - 08:51 WIB
loading...
Festival LIKE di GBK Senayan, Apresiasi KLHK terhadap Aktor Pelestari Lingkungan
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar Festival LIKE di Indonesia Arena Gelanggang Olahraga Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar Festival LIKE di Indonesia Arena Gelanggang Olahraga Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. Festival ini mengundang seluruh pihak yang telah berkontribusi nyata dalam pelestarian ekosistem di Indonesia.

Para aktor tersebut antara lain aparat pemerintah, kelompok masyarakat sipil, masyarakat adat, hingga sektor swasta salah satunya PT Dairi Prima Mineral (DPM). Perusahaan pertambangan timbal dan seng yang berbasis di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara menyadari konservasi lingkungan dan keberlanjutan ekosistem merupakan hal utama untuk memastikan kehidupan berkualitas bagi manusia.



Kehadiran PT DPM menjadi penghargaan tersendiri bagi perusahaan karena satunya-satunya perusahaan tambang yang belum berproduksi, namun telah menunjukkan kontribusi nyata bagi agenda pelestarian ekosistem.

Perusahaan ini menanam mangrove di lahan seluas 60 hektare dengan menanam sebanyak 217.000 pohon mangrove berjenis Rhizophora di Kabupaten Langkat.

“Inisiatif ini bertujuan merehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS). Selain itu, kawasan mangrove berperan penting mencegah erosi pantai, memperbaiki kualitas air, dan memberikan tempat hidup yang aman bagi berbagai spesies laut. Pohon mangrove juga memiliki kemampuan menyerap karbondioksida dari udara, sehingga dapat membantu mengurangi dampak perubahan iklim," ujar CEO PT DPM Huang Yong di Jakarta, Minggu (24/9/2023).

Program ini sejalan dengan program nasional pemerintah untuk menggencarkan penanaman mangrove di area pesisir kepulauan seluruh Indonesia sekaligus berkontribusi pada program global.

Terkait dukungan program SDGs nasional, DPM sejak tahun 2020 telah melaksanakan program boosting nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui. “Kami berkomitmen mengentaskan stunting bekerja sama dengan pemerintah setempat dengan memberikan tambahan nutrisi berupa susu dan makanan tambahan bergizi tinggi bagi masyarakat,” katanya.

“Kami akan terus melanjutkan dukungan pada tujuan pembangunan berkelanjutan global sebagai bentuk kontribusi perusahaan untuk melestarikan bumi. Kami optimis seluruh warga akan menikmati ketentraman dan kemakmuran di masa depan," tambahnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)