alexametrics

Penumpang KA Jarak Jauh Meningkat, Protokol Covid Dipastikan Tetap Berjalan

loading...
Penumpang KA Jarak Jauh Meningkat, Protokol Covid Dipastikan Tetap Berjalan
Penumpang Kereta Api (KA) mengenakan alat pelindung diri (APD) berupa masker dan face shield atau pelindung muka. Foto/Dok/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTAB - Arus kedatangan penumpang kereta api (KA) di Stasiun Gambir dan Pasar Senen mengalami peningkatan sekitar 45,7 persen jika dibandingkan akhir pekan minggu lalu. Untuk hari Sabtu dan Minggu pekan ini terdapat sekitar 3.200 penumpang KA Jarak Jauh yang turun di area Daop 1 Jakarta baik di Stasiun Jatinegara, Gambir dan Pasar Senen.

“Sebagai upaya pencegahan Covid-19 para pengguna tetap diwajibkan menggunakan faceshield saat tiba di stasiun tujuan dan pengukuran suhu secara berkala juga dilakukan petugas sepanjang perjalanan KA hingga pengguna tiba di stasiun akhir,” kata Kepala Hubungan Masyarakat (Kahumas) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya, Minggu (2/8/2020). (Baca juga: Maksimalkan Jaga Jarak, Mulai Besok PT KCI Tambah 5 Perjalanan KRL)

Sebagai antisipasi, kata dia, pada setiap kereta juga telah dilengkapi ruang isolasi sementara. Hal demikian dilakukan guna mengantisipasi sewaktu-waktu diperjalanan kedapat penumpang dengan suhu tubuh 37,3 atau lebih. “Selanjutnya penumpang dengan kondisi tersebut akan diturunkan di Stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lanjutan,” sambung Eva. (Baca juga: Fitur Baru Spotify Bisa Dengarkan Musik-Podcast Bersamaan)

PT KAI Daop 1 juga, kata dia, memastikan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 juga dilakukan dari sisi prasarana stasiun dan sarana kereta. Seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan cairan disinfektan secara rutin setiap 30 menit sekali, kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik.



“Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_,” tuturnya. (Baca juga: Harga Tiket Kereta Api Jarak Jauh Naik 40%)
(mhd)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak