Kapolres di Wilayah Polda Metro Jaya Berpangkat AKBP

Selasa, 12 September 2023 - 05:57 WIB
loading...
Kapolres di Wilayah Polda Metro Jaya Berpangkat AKBP
Ada tiga Polres di wilayah hukum yang dipimpin oleh perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). Foto/Istimewa/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Di wilayah Polda Metro Jaya terdapat 13 Polres yang tersebar di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi. Umumnya 13 Polres tersebut dipimpin kepala kepolisian berpangkat Komisaris Besar (Kombes).

Namun, ada tiga Polres di wilayah hukum yang dipimpin oleh perwira menengah berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). Pangkat AKBP merupakan tingkat kedua perwira menengah di institusi kepolisian di bawah Kombes.

Pangkat AKBP sama dengan Letnan Kolonel (Letkol) di satuan TNI. Tanda kepangkatan AKBP adalah dua bunga sudut lima atau 2 melati di pundak.


Berikut tiga perwira menengah berpangkat AKBP yang mejandi Kapolres di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

1. Kapolres Tangerang Selatan AKBP Faisal Febrianto


AKBP Faisal Febrianto merupakan salah seorang perwira menengah Polri. Beberapa waktu yang lalu, namanya masuk dalam daftar mutasi atau rotasi di lingkungan internal Kepolisian berdasarkan surat telegram (ST) yang dikeluarkan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

AKBP Faisal Febrianto lahir di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur pada 18 Februari 1981. Sebelumnya, dia menduduki jabatan Kapolres Brebes.

Melihat pangkatnya, Faisal Febrianto kini menyandang Ajun Komisaris Besar Polisi atau AKBP. Pangkat ini berada dalam jajaran perwira menengah (pamen) di Kepolisian Republik Indonesia. Adapun untuk tanda kepangkatannya sendiri adalah dua bunga sudut lima.

Faisal menggantikan AKBP Sarly Sollu yang dimutasi menjadi Wakapolres Metro Jakarta Utara. Dalam riwayat jabatannya, Faisal Febrianto juga pernah menduduki sejumlah posisi strategis di instansinya.

Di antaranya adalah Kanit V Subdit II Ditreskrimsus Polda Metro Jaya (2018), Kanit II Subdit I Ditreskrimsus Polda Metro Jaya (2019), serta PS. Koorspripim Polda Metro Jaya (2019).

Namanya semakin dikenal setelah menduduki jabatan Sekpri Wakapolri Spripim Polri pada tahun 2021. Setelahnya, barulah dia menjabat Kapolres Brebes Polda Jateng, sebelum akhirnya dirotasi menjadi Kapolres Tangerang Selatan.

2. Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ferikson Tampubolon


Erikson sebelumnya menjabat sebagai Kasat Intelkam Polres Jakarta Pusat. Ferikson Tampubolon menggantikan AKBP Putu Kholis sebagaimana tertuang dalam ST Kapolri Nomor 2777/XIII/KEP./2022 tertanggal 23 Desember 2022, yang ditandatangani AS SDM Irjen Pol Wahyu Widaya.

Nama AKBP Ferikson Tampubolon selama ini jarang tersorot. Ia mulai dikenal publik saat menjadi korban pemukulan ketika aksi unjuk rasa mahasiswa Papua di kawasan Istana Presiden, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Jumat 11 Maret 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)