Atasi Kekeringan, Pemkab Bekasi Bakal Pasang Pipa dan Buat Sumur

Minggu, 10 September 2023 - 07:56 WIB
loading...
Atasi Kekeringan, Pemkab Bekasi Bakal Pasang Pipa dan Buat Sumur
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan (rompi oranye). Foto/Dikominfotik Kabupaten Bekasi
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mempersiapkan solusi jangka panjang atas bencana kekeringan yang kerap melanda wilayah Kabupaten Bekasi. Adapun rumah-rumah warga akan disambungkan pipa PDAM.

Sementara, Pemkab Bekasi juga akan membangun sumur satelit. Sumur itu utamanya akan dibangun di kecamatan Tarumajaya.

"Beberapa desa di Kecamatan Cibarusah sudah mengarah pada solusi permanen dengan memasang pipa dari PDAM. Kemudian di Kecamatan Tarumajaya saat ini tengah dibangun tiga sumur satelit," kata Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan dalam keterangannya, Minggu (10/9/2023).



Dani menjelaskan, wilayah terdampak kekeringan di Kabupaten Bekasi saat ini terus berkurang. Kendati demikian, pihaknya memastikan akan terus memfasilitasi pendistribusian air bersih.

"Memang dari sisi jumlah desa dan kecamatan yang terdampak sudah berkurang. Tapi semuanya masih dalam layanan air bersih," tutupnya.

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Muchlis menjelaskan, jumlah air bersih yang terdistribusi kepada warga hingga 8 September 2023 mencapai 1.370.000 liter. Berdasarkan data yang sama total warga terdampak kekeringan pada tahun ini mencapai 25.046 kepala keluarga.

"Desa yang terdampak kekeringan sebanyak 32 desa di 9 kecamatan. Kemudian lahan pertanian terdampak seluas 21.177 hektare, dan lahan pertanian terancam 3.604 hektare," kata Muchlis.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)