Lalu Lintas Jakarta Nyaris Lumpuh di Hari Kedua KTT ke-43 ASEAN, Dirlantas: Kita Sudah Woro-woro

Rabu, 06 September 2023 - 17:46 WIB
loading...
Lalu Lintas Jakarta Nyaris Lumpuh di Hari Kedua KTT ke-43 ASEAN, Dirlantas: Kita Sudah Woro-woro
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kondisi lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Jakarta mengalami kemacetan parah imbas penutupan sejumlah jalan dalam rangka penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN . Akibatnya kemacetan parah itu, para pengendara harus terjebak di jalan hingga berjam-jam.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menjelaskan, ada sedikit perbedaan rekayasa lalu lintas di hari kedua perhelatan KTT ASEAN. Namun ia mengaku pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengurai kemacetan imbas dari penutupan sejumlah jalan utama di Jakarta.

"Kita sudah woro-woro sejak tadi malam lewat media yang ada. Mohon maaf (mungkin) masyarakat belum semuanya membuka media sosial, tidak membuka media yang ada. Jadi mulainya jam tujuh jadi sedikit ada belum mendengar mungkin," kata Latif saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (6/9/2023).

Menurut Latif, salah satu titik kemacetan pada Rabu (6/9/2023) pagi terjadi di arah timur dari arteri Cawang. Karena memang dari arah timur sedikit jalan arterinya, hanya melalui Tebet dan Manggarai saja.

Sementara jalur lainnya, ia mengklaim dapat terurai dengan cepat dan memiliki banyak jalur arteri, mulai dari jalur Tendean, Fatmawati, Permata Hijau, dan Pondok Indah.

Latif menegaskan, apa yang terjadi di beberapa ruas jalan bukan kemacetan tapi hanya kepadatan saja. Baginya selama itu bisa terurai dengan cepat walaupun hanya satu jam adalah kepadatan.

Sementara kalau kemacetan berarti tidak bisa jalan sama sekali. Karena itu ia meminta agar masyarakat tidak diteror dengan istilah kemacetan.


"Kita jangan meneror masyarakat sampaikan, kalau mereka mengatakan macet itu orang jadi stress, itu kepadatan. Jadi kalau kepadatan orang akan nyaman gitu pasti akan bisa terurai," ujar Latif.

Sebelumnya, Polisi kembali melakukan rekayasa lalu lintas pada hari kedua gelaran KTT ke-43 ASEAN, Rabu (6/9/2023). Pihak kepolisian akan mensterilkan jalur-jalur yang dilalui oleh para delegasi atau tamu negara.

Rekayasa lalu lintas mulai diberlakukan pada pukul 07.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB. Ketiga sektor tersebut adalah sektor Senayan, sektor Bundaran HI, dan sektor Kuningan.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)