4 Nama Jalan Jakarta yang Berawalan Pal, Ini Makna dan Kisahnya

Rabu, 06 September 2023 - 13:32 WIB
loading...
4 Nama Jalan Jakarta yang Berawalan Pal, Ini Makna dan Kisahnya
Beberapa nama jalan di Jakarta yang berawalan dengan Pal memiliki makna dan kisah unik. Foto/SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat nama jalan di Jakarta yang berawalan dengan Pal. Kata Pal merupakan serapan dari bahasa Belanda, yaitu Paal yang memiliki arti sebagai penanda atau batas daerah.

Banyak serapan dari bahasa Belanda di dalam bahasa Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari sejarah penjajahan Belanda di Batavia kala itu. Termasuk nama jalan yang berawal dari kata Pal.

Berikut ini deretan nama jalan di Jakarta yang berawal dari kata Pal.

Nama Jalan Jakarta yang Berawalan Pal


1. Palmerah


Jalan Palmerah adalah salah satu nama jalan yang ada di Jakarta. Jalan ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu Jalan Palmerah Barat, Jalan Palmerah Utara, Jalan Palmerah Timur, dan Jalan Palmerah Selatan.

Penamaan jalan ini tak luput dari kisah yang beredar. Kala itu pemerintah Belanda memasang patok atau pal berwarna merah untuk dijadikan sebagai penanda batas wilayah Batavia dan Buitenzorg (Bogor).



Pal merah yang dipasang itu juga digunakan untuk jalur Gubernur Jenderal Batavia untuk bepergian dari Batavia ke Buitenzorg menggunakan kereta kuda. Selain itu, kawasan ini juga menjadi tempat beristirahat untuk minum kuda rombongan Gubernur Batavia yang kini dikenal dengan nama Pos Pengumben.


2. Palputih


Selanjutnya ada Palputih. Palputih adalah nama sebuah jalan yang berada di Kramat, Senen, Jakarta Pusat. Jalan ini terletak di sebelah timur Halte Transjakarta Pal Putih, yang merupakan salah satu halte bus di Koridor 5 yang membentang dari utara ke selatan.

Pal putih sendiri memiliki artian patok berwarna putih. Patok tersebut juga digunakan pemerintah belanda sebagai penanda suatu tempat, dalam hal ini adalah halte busway.


3. Palbatu


Jalan Palbatu merupakan salah satu nama jalan yang terdapat di Jakarta Selatan, tepatnya di Kecamatan Kebayoran Baru. Jalan ini berada di sebelah barat Jalan Wolter Monginsidi dan sebelah timur Jalan Kyai Maja.

Palbatu kini dikenal sebagai Kampung Batik Betawi yang berlokasi di Jakarta. Nama Palbatu juga menjadi nama jalan untuk kawasan Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan.


4. Palmeriam


Jalan Palemerian sendiri terletak di di Kelurahan Palmeriam, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Jalan ini berbatasan langsung dengan Kelurahan Paseban di sebelah utara dan Kelurahan Kebon Manggis di sebelah baratnya.

Dalam sejarahnya, nama Palmeriam berasal dari sebuah peristiwa sejarah yang saat itu pasukan Inggris menyerang Batavia. Mereka meletakkan meriam yang siap tembak di sebuah daerah. Masyarakat tahun 1813-an yang terkesan dengan peristiwa tersebut kemudian menamainya dengan kawasan Palmeriam.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)