Warga Kabupaten Tangerang Diminta Beralih ke KTP Digital karena Ini

Kamis, 31 Agustus 2023 - 12:41 WIB
loading...
Warga Kabupaten Tangerang Diminta Beralih ke KTP Digital karena Ini
Stok blanko e-KTP yang diterima oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang hingga saat ini masih terbatas. Foto/Isty Maulidya
A A A
TANGERANG - Warga Kabupaten Tangerang diminta beralih ke KTP Digital. Pasalnya, stok blanko e-KTP yang diterima oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang hingga saat ini masih terbatas.

Disdukcapil Kabupaten Tangerang menerima blanko e-KTP setiap minggunya paling banyak 4.000 lembar. Jumlah tersebut masih belum mencukupi permintaan pencetakan e-KTP di Kabupaten Tangerang yang mencapai 1.500 permintaan per hari.

"Blanko e-KTP yang kita terima masih terbatas, paling banyak itu 4 ribu perminggu. Makanya kita tidak bisa berikan semuanya langsung, karena dari pusat sendiri stoknya terbatas," ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Tangerang Cikwi R Inton, Kamis (31/8/2023).



Untuk mengatasi terbatasnya stok blanko e-KTP, masyarakat Kabupaten Tangerang diminta untuk beralih menggunakan KTP digital yang tidak memerlukan kartu fisik. Disdukcapil Kabupaten Tangerang juga telah berencana untuk mengurangi pencetakan e-KTP dan selanjutnya akan dialihkan ke KTP digital.

"Rencananya kita mengurangi blanko KTP ini karena mau menggunakan KTP digital ini sangat bagus ada inovasinya. Administrasi kependudukan dalam genggaman, jadi semua ada di situ," katanya.

Sementara itu, untuk pembuatan KTP Digital sendiri warga bisa langsung mendatangi Kantor Disdukcapil, atau bisa juga mendaftar di Gerai Pelayanan Publik di Mall Ciputra Tangerang. Untuk pelayanan pembuatan KTP Digital dibuka setiap hari hingga pukul 16.00 WIB.

"Untuk KTP digital sampai hari ini kita tidak terbatas sesuai dengan masyarakat yang datang. Kalau sekarang bisa buat di gerai layanan publik, jadi tidak perlu datang ke kantor dinas," lanjutnya.

Sebelumnya Pemkab Tangerang telah membuka Gerai Pelayanan Publik Kabupaten Tangerang akhirnya dibuka pada Rabu (30/8/2023), dan berlokasi di Mal Ciputra Tangerang. Adanya gerai layanan ini membuat masyarakat Kabupaten Tangerang bisa mengurus beberapa urusan administrasi sekaligus mulai dari kependudukan hingga BPJS Kesehatan di satu tempat.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)