Cegah DBD, Kowarteg Ganjar Gelar Edukasi Pembuatan Alat Fogging

Senin, 28 Agustus 2023 - 12:30 WIB
loading...
Cegah DBD, Kowarteg Ganjar Gelar Edukasi Pembuatan Alat Fogging
Kowarteg Indonesia menggelar edukasi pembuatan alat fogging DBD bagi warga di Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Minggu (27/8/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komunitas Warteg (Kowarteg) Indonesia menggelar edukasi pembuatan alat fogging demam berdarah dengue (DBD) bagi warga di Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Dengan kegiatan ini harapan masyarakat bisa terhindar dari kasus DBD.

Sekertaris Umum Kowarteg Indonesia, Lina Rofiana mengatakan pihaknya melakukan tiga langkah preventif guna mencegah kasus DBD, khususnya di Kemanggisan. Ketiganya yakni edukasi perakitan alat fogging sederhana, penyerahan bantuan alat fogging, dan penyemprotan rumah warga serta selokan.

“Mengajarkan masyarakat cara membuat alat fogging sederhana dari bahan-bahan sederhana yang mudah didapat di masyarakat. Juga mengajarkan masyarakat untuk melaksanakan fogging sederhana di lingkungan sekitar,” kata Lina setelah kegiatan, Minggu (27/8/2023).

Pembuatan alat fogging terdiri dari barang-barang sederahana. Untuk bahan dasarnya dari tembaga AC, spray gun, pemantik api, gas, klem, selang air, kawat, dan obat untuk fogging.

Menurut Lina, kegiatan ini diharapkan bisa memberikan dampak positif berupa pada pemutusan mata rantai jentik-jentik nyamuk aedes aegypti. “Untuk mencegah DBD pastinya dan mereka bisa membuat alat fogging sendiri,” ungkapnya.

Masyarakat sangat antusias dan responsif terhadap kegiatan edukasi yang dibuat Kowarteg Indonesia. “Mereka sangat tergerak untuk membuat supaya bisa fogging sendiri di rumah,” tuturnya.

Salah seorang warga setempat Eddy (65) menyambut baik kegiatan edukasi pembuatan alat fogging DBD ini. “Buat saya alangkah baik (kegiatan ini). Satu menghindari gejala penyakit,” katanya.

Di sela kegiatan, Kowarteg Indonesia turut menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 kepada masyarakat setempat. Mereka pun mendoakan agar gubernur Jawa Tengah dua periode ini bisa terpilih menjadi Presiden 2024. “Harapan saya buat Pak Ganjar semoga sukses dan menjadi Presiden,” ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)