5 Fakta Jakarta Convention Center, Tempat Penyelenggaraan KTT ASEAN 2023

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 11:46 WIB
loading...
5 Fakta Jakarta Convention Center, Tempat Penyelenggaraan KTT ASEAN 2023
Jakarta Convention Center (JCC) akan menjadi tempat penyelenggaraan KTT ASEAN 2023. Foto/Dok. JCC
A A A
JAKARTA - Jakarta Convention Center (JCC) akan menjadi tempat penyelenggaraan KTT ASEAN 2023. Rangkaian kegiatan tersebut akan berlangsung pada 5-7 September 2023 mendatang.

JCC merupakan pusat konvensi yang terletak di Kompleks Gelanggang Olahraga Bung Karno, Jakarta Pusat. Gedung ini biasa digunakan untuk menghelat kegiatan dalam skala nasional maupun internasional.

Sebagai salah satu gedung yang digunakan dalam pertemuan besar, JCC ternyata memiliki sejumlah keunikan tersendiri. Beberapa keunikan yang dimilikinya tersebut akan terangkum dalam sejumlah fakta berikut ini.

Fakta Unik dari Jakarta Convention Center


1. Sejarah Pembangunan Jakarta Convention Center


JCC mulai dibangun pada tahun 1960 dan selesai pada tahun 1974. Setelah pembangunanya selesai, gedung ini langsung digunakan untuk acara pembukaan konferensi tahunan Pacific Asia Travel Association (PATA) ke-23 yang diadakan pada awal April 1974.

Jakarta Convention Center telah dirancang khusus oleh Soejoedi Wirjoatmodjo. Beliau merupakan salah satu arsitek asli Indonesia pasca kemerdekaan yang meletakkan dasar desain modernis.

2. JCC Dapat Menampung Ribuan Orang


Jakarta Convention Center ternyata dapat menampung ribuan orang dalam berbagai acara. Menurut situs resminya, JCC memiliki kapasitas total sekitar 13.000 orang.



Plenary Hall sendiri dapat menampung hingga 5.000 orang, sementara Assembly Hall dapat menampung hingga 4.000 orang. Selain itu, JCC juga memiliki ruang-ruang pertemuan lain yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan penyelenggara acara.

3. Memiliki Assembly Hall yang Sangat Luas


JCC memiliki Assembly Hall yang sangat luas. Assembly Hall Jakarta Convention Center memiliki dimensi 89,10 x 44,00 x 8,80 meter dan dapat menampung 2.500 tamu untuk makan malam atau 3.500 tamu untuk resepsi. Assembly Hall juga dapat dibagi menjadi tiga ruangan terpisah dengan partisi lantai ke langit-langit yang dapat digerakkan.

4. JCC Terhubung dengan Hotel Sultan


Menjadi salah satu tempat yang megah dan mewah, tak heran jika JCC memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Hotel Sultan menjadi hotel yang terhubung langsung dengan tempat Jakarta Convention Center.

Untuk menjangkau hotel tersebut nantinya pengunjung akan melewati terowongan bawah tanah yang dilengkapi dengan travelator (tangga jalan datar) dan ber-AC. Terowongan ini memudahkan pengunjung untuk berpindah antara JCC dan hotel tanpa harus keluar dari gedung.

5. Memiliki Situs Web Resmi


JCC memiliki situs web resmi yang dapat diakses melalui internet. Situs web resmi JCC adalah JCC.co.id, yang berisi informasi tentang profil, fasilitas, layanan, acara, berita, dan kontak JCC.

Situs web tersebut juga memiliki versi bahasa Inggris untuk memudahkan pengunjung asing. Selain situs web resmi, JCC juga memiliki akun media sosial di Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0817 seconds (0.1#10.140)