1.268 Warga Binaan di Lapas Cikarang Bekasi Dapat Remisi HUT Kemerdekaan

Kamis, 17 Agustus 2023 - 14:47 WIB
loading...
1.268 Warga Binaan di Lapas Cikarang Bekasi Dapat Remisi HUT Kemerdekaan
Sebanyak 1.268 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Cikarang, Bekasi, menerima pengurangan masa tahanan atau remisi dalam rangka HUT ke-78 RI. Foto: MPI/Ade Suhardi
A A A
BEKASI - Sebanyak 1.268 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Cikarang, Kabupaten Bekasi, menerima pengurangan masa tahanan atau remisi dalam rangka HUT ke-78 RI. Remisi itu diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi persyaratan menjalani masa pidana paling sedikit enam bulan.

"Pemberian remisi berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Tahun 2023 terkait Pemberian Remisi Umum Tahun 2023," ujar Kepala Lapas Kelas IIA Cikarang Veri Johannes, Kamis (17/8/2023).

Very mengatakan, ada total 1.268 WBP Lapas Cikarang dengan rincian 1.224 warga binaan menerima remisi umum satu dan 44 warga binaan mendapat remisi umum dua.

"Dari 44 warga binaan penerima remisi umum dua, 24 warga di antaranya dinyatakan langsung bebas hari ini setelah dipotong masa tahanan. Sedangkan 20 warga lain masih harus menjalani hukuman subsidair," kata Veri.



Veri menjelaskan, remisi umum diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi persyaratan, yakni telah menjalani masa pidana paling sedikit enam bulan, berkelakuan baik, serta aktif mengikuti program pembinaan.

Keaktifan mengikuti program pembinaan ditandai dengan predikat Baik pada laporan perkembangan pembinaan melalui metode Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN), serta telah melewati proses penilaian atau assessment oleh wali pemasyarakatan secara berkala.

"Remisi ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada narapidana yang telah menunjukkan perubahan sikap dan perilaku yang baik selama menjalani masa pidana," jelasnya.

Dia berharap pemberian remisi ini menjadi motivasi bagi narapidana untuk terus berprestasi dan menjadi anggota masyarakat yang baik setelah bebas.

"Kami berharap narapidana yang dinyatakan langsung bebas hari ini menjadi anggota masyarakat yang baik, berbakti kepada keluarga, masyarakat, dan negara," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2486 seconds (0.1#10.140)