Semarakkan HUT ke-78 RI, Yayasan MAI Gelar Festival Muharram Merdeka

Minggu, 13 Agustus 2023 - 17:45 WIB
loading...
Semarakkan HUT ke-78 RI, Yayasan MAI Gelar Festival Muharram Merdeka
Yayasan Media Amal Islami (MAI) menggelar Festival Muharram Merdeka dalam rangka menyemarakkan HUT ke-78 RI. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Yayasan Media Amal Islami (MAI) menggelar Festival Muharram Merdeka. Kegiatan yang berlangsung pada 12-13 Agustus 2023 tersebut diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan HUT ke-78 RI.

Festival Muharram Merdeka diisi sejumlah kegiatan mulai dari Pemilihan Dai Cilik (Pildacil) hingga Hadroh di Halaman Yayasan MAI, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Hadir dalam acara tersebut di antaranya Ketua PWNU DKI, KH Syamsul Ma'arif; Ketua Pengurus Besar Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI), Syarief Hidayatullah; Kasi Kesra Kecamatan Jagakarsa M Soleh; tokoh masyarakat; tokoh agama; dan peserta Festival Muharram Merdeka.

Ketua Umum Yayasan MAI Fathi Ihsan menjelaskan kegiatan Muharram sempat terhalang pandemi Covid-19 sehingga terpaksa digelar secara online atau daring. Namun, kini Festival Muharram digelar bertepatan dengan menyambut HUT ke-78 RI dan dilaksanakan secara offline atau luring.



"Yayasan MAI rutin melaksanakan kegiatan Muharram tapi karena beberapa tahun terjadi pandemi Covid-19 kita melaksanakan kegiatan Muharram secara online dan ini merupakan kali pertama kita melaksanakan Festival Muharram Merdeka secara offline dan sekaligus merayakan kemerdekaan RI. Kita mengadakan kegiatan perlombaan dan alhamdulillah perlombaan sudah dilaksanakan kemarin," kata Fathi saat memberikan sambutan pada acara puncak Festival Muharram Merdeka di Yayasan MAI, Minggu (13/8/2023).

Sementara itu, Dewan Pengawas MAI Endrie Djoko Satrio menjelaskan, ada sejumlah perlombaan dalam Festival Muharram Merdeka mulai dari Pildacil hingga Hadroh. Adapun peserta diikuti dari 50 sekolah di Jakarta dan Depok mulai tingkat Pendidikan Usia Dini (Paud) hingga SMP. "Lomba kemarin ada follow the line, mewarnai, pildacil, serta hadroh. Pesertanya dari 50 sekolah yang ada di Jakarta tingkat Paud sampai dengan SMP," ucap Djoko.

Djoko berharap dengan kegiatan Festival Muharram Merdeka dapat memperkenalkan pendidikan agama dan menanamkan rasa cinta Tanah Air kepada anak-anak sejak dini. "Pertama kita memperkenalkan dari segi agama sehingga mulai dari usia dini juga dalam rangka menyongsong HUT RI dengan menanamkan cinta Tanah Air kepada anak-anak sedini mungkin," ungkapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2083 seconds (0.1#10.140)