Wali Kota Jaksel Manfaatkan Waduk Prapanca Jadi Tempat Lomba Mancing

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 14:41 WIB
loading...
Wali Kota Jaksel Manfaatkan Waduk Prapanca Jadi Tempat Lomba Mancing
Waduk Prapanca di sekitar Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dijadikan tempat untuk lomba mancing. Foto/MPI/Ari Sandita Murti
A A A
JAKARTA - Waduk sejatinya menjadi tempat pengendalian banjir yang ada di kawasan Jakarta ini, salah satunya Waduk Prapanca di sekitar Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pemkot Jakarta Selatan memperkenalkan waduk kepada masyarakat tak hanya sebagai sarana pengendali banjir. Tapi, bisa dimanfaatkan berbagai kegiatan, seperti lomba mancing.

"ASN di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan belum semua tahu di lingkup kantor kita ini ada Waduk Prapanca. Waduk ini juga bisa difungsikan untuk wisata, rekreasi, dan area publik masyarakat sekitar sini," ungkap Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin di lokasi, Sabtu (12/8/2023).

Menurutnya, Waduk Prapanca bisa dieksplor untuk kegiatan lainnya, khususnya masyarakat Jakarta Selatan. Pihaknya juga tak mempersoalkannya selama tak menyalahi aturan yang ada.

Apalagi, kata dia, Waduk Prapanca berada di lokasi strategis dengan pohonan yang masih asri dan cukup luas.


"Silakan jika punya rencana menggunakan waduk ini tawarkan pada kami. Kalau memang sesuai aturan dan tak merusak, malah mendukung lingkungan kita akomodir," tuturnya.

Misalnya saja lomba mancing Wali Kota Jakarta Selatan Cup yang digelar pada Sabtu (12/8/2023) di Waduk Prapanca. Sebanyak 160 pemancing dari kalangan ASN dan warga biasa. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut HUT ke-78 RI sekaligus Gerakan Jakarta Selatan Hijau.

"Dalam rangka gerakan Jakarta Selatan Hijau, temen-teman WJS (Wartawan Jakarta Selatan) mengadakan mancing Wali Kota Cup ke II dan ini berlangsung di Waduk Prapanca. Total peserta untuk lapaknya 160 lapak," tuturnya.

Dia menerangkan, dalam kegiatan itu dilibatkan pula UMKM yang ada di kawasan Jakarta Selatan. Selain lomba mancing, Wartawan Jakarta Selatan (WJS) bersama Pemkot Jaksel menggandeng sejumlah pihak, yakni Bank DKI, Alfamidi, Pasar Jaya, IKADIN Jaksel, PMI Jaksel, dan PT Nawasesna Kreasi melakukan penanaman pohon di waduk tersebut.

"Khusus lomba mancing, ikannya semalam kita tebar 1 ton, jadi banyak yang di kolaborasi oleh teman-teman WJS dengan mitra-mitranya dan alhamdulillah bisa terlaksana dengan baik," kata Munjirin.

Munjirin menambahkan, Pemkot Jakarta Selatan juga bakal melakukan inventarisir, baik sarana dan prasarana di Waduk Prapanca. Dengan begitu, manakala ada kegiatan lainnya dilakukan di Waduk Prapanca bisa menjadi lebih baik lagi.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)