Demo Buruh, Polisi Tutup Akses Jalan di Kawasan Bundaran HI

Kamis, 10 Agustus 2023 - 16:38 WIB
loading...
Demo Buruh, Polisi Tutup Akses Jalan di Kawasan Bundaran HI
Petugas kepolisian menutup ruas jalan di kawasan Bundaran HI sebagai imbas adanya demo yang dilakukan sejumlah elemen buruh, Kamis (10/8/2023). FOTO/INSTAGRAM/@tmcpoldametro
A A A
JAKARTA - Petugas kepolisian menutup ruas jalan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) sebagai imbas adanya demo yang dilakukan sejumlah elemen buruh, Kamis (10/8/2023). Penutupan itu dilakukan sejak pukul 14.36 WIB.

Penutupan akses jalan ini diketahui dari akun Instagram resmi @tmcpoldametro. Ruas jalan yang ditutup sementara yakni Jalan Imam Bonjol dan Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat.

"14.36 #polri sat gatur dit Lantas PMJ melakukan penutupan arus lalu lintas di kawasan Bundaran HI Jakpus menuju Jalan Imam Bonjol maupun arah Jl. MH Thamrin, bagi pengguna jalan agar mencari jalur alternatif lain," tulis keterangan @tmcpoldametro, Kamis, (10/8/2023).



Ruas jalan akan kembali dibuka ketika ribuan buruh yang saat ini sedang melakukan aksi demontrasi di Patung Kuda, kawasan Monumen Nasional (Monas) telah membubarkan diri. Namun salah satu perwakilan elemen buruh mengatakan akan tetap bertahan hingga pukul 21.00 WIB.

"Info terakhir sampai jam 21.00 WIB malam, Semua di sini, dipusatkan di sini," ucap Perwakilan dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) Ahmad Taufik, di Patung Kuda, Kamis (10/8/2023).

"Jadi motor-motor tidak ditaruh di kantong parkir. Karena orientasi untuk menduduki jalan dan mengajak pekerja di kantor. Makanya kita kemungkinan bertahan di jalan," katanya.



Taufik mengatakan rencana awalnya mereka akan mendatangi kantor Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, karena adanya penutupan jalan di kawasan Bundaran Patung Kuda, massa memilih bertahan di MH Thamrin.

"Mau ke arah MK, cuma pasti diblokade di Patung Kuda. Tapi aksinya bakal disatukan di sini di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin," katanya.

"Tapi opsi kedua itu menarik perhatian teman/teman di kantor untuk aksi, karena mereka terdampak juga UU Cipta Kerja. Makanya kemarin dari temen-temen buruh sudah mengirimkan selebaran ke kantor-kantor agar dapat terlibat aksi ini," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)