Hari Ini Satpas Cibinong Bogor Terapkan Ujian Praktik SIM Baru

Senin, 07 Agustus 2023 - 13:08 WIB
loading...
Hari Ini Satpas Cibinong Bogor Terapkan Ujian Praktik SIM Baru
Satuan Penyelenggaraan Administrasi SIM (Satpas) Cibinong, Polres Bogor menerapkan ujian praktik SIM baru mulai hari ini, Senin (7/8/2023). Foto: Dok Polisi
A A A
BOGOR - Mulai hari ini, Satuan Penyelenggaraan Administrasi SIM (Satpas) Cibinong, Polres Bogor menerapkan ujian praktik SIM baru. Hal itu sesuai Keputusan Kakorlantas Polri Nomor Kep/105/VIII/2023 tanggal 4 Agustus 2023.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata menuturkan ujian praktik membentuk angka 8 saat ini diganti dengan ujian membentuk huruf S. Lebar lintasan juga diperbesar dari 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.

Pemohon SIM C akan mengawali ujian praktik dari lintasan lurus. Di sana tertulis 'Rem' dengan kotak kuning. Untuk menguji kepekaan pemotor dalam melakukan pengereman sampai berhenti yang ditandai dengan tulisan 'Stop'.



"Dari tes pengereman, materi ujian SIM selanjutnya adalah putar arah. Kemudian berlanjut ke ujian berbentuk huruf S. Setelah itu melakukan manuver tikungan lain," ujar Dicky, Senin (7/8/2023).

Terakhir, ada pengujian pengereman lagi dengan dua arah tujuan berhenti kiri dan kanan. Materi tersebut menguji kepekaan pemotor untuk melakukan pengereman menghindar ke kiri atau ke kanan.

"Pemohon yang akan mengikuti ujian praktik SIM C agar mengetahui ujian praktik terbaru agar bisa menyesuaikan diri dengan area yang disediakan. Hari ini ada 25 pemohon SIM yang mengikuti ujian praktik SIM baru," katanya.

Pemohon SIM baru bernama Adi, warga Ciawi mengaku ujian praktik SIM baru ini lebih mudah dan lebih realistis dibandingkan ujian praktik SIM yang lama.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)