Sempat Terkerek Momen Iduladha dan Liburan Sekolah, BI: Inflasi Jakarta Masih Terkendali

Rabu, 02 Agustus 2023 - 16:29 WIB
loading...
A A A
“Sedangkan kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran juga mengalami inflasi sebesar 0,17% (mtm), lebih tinggi dibandingkan bulan lalu (0,06% mtm) dan memberikan andil sebesar 0,02%,” terangnya.

Menaiknya inflasi pada kelompok tersebut terutama disebabkan oleh kenaikan harga pada ketoprak, sate, dan ayam bakar sejalan dengan kenaikan harga bahan baku pangan (daging ayam ras dan telur ayam ras).

Kata dia, terkendalinya inflasi Jakarta tidak lepas dari sinergi, kolaborasi, serta koordinasi yang baik dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), termasuk dalam rangka implementasi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

Ini terlihat dari beberapa kegiatan mulai coaching clinic, bumbu pangan olahan UMKM binaan/mitra KPw BI Provinsi DKI Jakarta dalam rangka penguatan hilirisasi pangan.

Kunjungan bersama Perumda Pasar Jaya ke Pasar Tanah Tinggi Tangerang Banten dan PT Berdikari dalam rangka sinergi ketahanan pangan dan pengelolaan pasar serta kolaborasi dalam pemenuhan pasokan daging sapi dan daging ayam ras di DKI Jakarta.

Selain itu, upaya lain juga visitasi dan monitoring pasokan pangan oleh Food Station ke mitra kerjasama on farm dan stand by buyer. Gerakan Pangan Murah berkolaborasi dengan Perumda Dharma Jaya dalam rangka pemenuhan permintaan daging ayam ras. “Kami juga melakukan rapat koordinasi TPID mingguan dalam rangka pemantauan stok dan harga,” tambahnya.

Ke depan, lanjut Arlyana, sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah dengan Bank Indonesia serta seluruh stakeholder terkait yang tergabung dalam TPID Jakarta akan terus diperkuat untuk memastikan strategi 4K (Ketersediaan Pasokan, Keterjangkauan Harga, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi Efektif) dalam pengendalian inflasi dapat berjalan baik dan efektif.

Selain itu, terus mendorong Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) sehingga inflasi Jakarta diharapkan dapat tetap terkendali dalam sasaran 3,0±1% pada sisa tahun 2023.
(thm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2166 seconds (0.1#10.140)