Wanita Hamil Tertangkap Selundupkan 5 Kg Sabu di Bandara Soetta, Terancam Hukuman Mati

Selasa, 01 Agustus 2023 - 14:13 WIB
loading...
Wanita Hamil Tertangkap Selundupkan 5 Kg Sabu di Bandara Soetta, Terancam Hukuman Mati
Seorang wanita hamil berinisial FIK (29) tertangkap basah menyelundupkan narkoba jenis sabu-sabu seberat 5 kg di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Foto: MPI/Irfan Maulana
A A A
TANGERANG - Seorang wanita hamil berinisial FIK (29) tertangkap basah menyelundupkan narkoba jenis sabu-sabu seberat 5 kg di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Atas perbuatannya, warga negara Asing (WNA) asal Kenya itu terancam hukuman mati.

FIK diringkus bermula ketika petugas Bea Cukai mencurigai kedatangannya di Terminal 3, Bandara Soetta pada 23 Juli 2023.

Kepala KPU Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soetta Gatot Sugeng Wibowo mengatakan, FIK menyelundupkan barang haram tersebut dengan modus false compartment. Sabu-sabu itu disembunyikan dengan menggunakan dinding palsu pada kopernya.

Wanita Hamil Tertangkap Selundupkan 5 Kg Sabu di Bandara Soetta, Terancam Hukuman Mati


"Pelaku tengah hamil, perkiraan 7 bulan. Kita berhasil gagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu seberat 5.102 gram dari pelaku. Ini merupakan jaringan Afrika-Indonesia," ujarnya dalam jumpa pers, Selasa (1/8/2023).



Dia menuturkan, saat itu FIK berangkat dari Abuja Nigeria-Diha Qatar dengan penerbangan Qatar Airlines QR 1434. Kemudian melanjutkan penerbangan dari Doha–Jakarta dengan nomor penerbangan QR 954 dan tiba pukul 21.21 WIB di Terminal 3 Bandara Soetta.

FIK hanya membawa ransel hitam dan tas selempang coklat saat melewati area pemeriksaan Bea Cukai. Pada barang bawaan FIK tersebut, petugas tidak menemukan adanya pelanggaran, meski jumlah barang yang dibawa lebih sedikit dari lama waktu menetap di Indonesia selama 12 hari sampai dengan 4 Agustus 2023.

"Selama pemeriksaan petugas menemukan ketidaksesuaian antara keterangan-keterangan yang diberikan FIK dengan barang bawaannya. Saat diperiksa FIK mengaku baru pertama kali ke Indonesia dan tujuan kunjungannya adalah untuk berbelanja," ucapnya.

Petugas yang curiga dengan gerak-gerik perempuan yang mengaku kesehariannya berprofesi sebagai pedagang, melanjutkan penelitan dan pendalaman terhadap dokumen penerbangan FIK.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)