5 Tempat Bersejarah di Jakarta yang Memesona, Nomor 1 Landmark Ibu Kota

Minggu, 30 Juli 2023 - 15:33 WIB
loading...
5 Tempat Bersejarah di Jakarta yang Memesona, Nomor 1 Landmark Ibu Kota
Terdapat 5 tempat bersejarah di Jakarta yang mempesona di antaranya Monas, TMII, hingga Museum Fatahillah. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat 5 tempat bersejarah di Jakarta yang memesona. Tempat bersejarah itu kerap dikunjungi masyarakat.

Tempat-tempat mengagumkan tersebut di antaranya Monas , TMII, hingga Museum Fatahillah yang berada di Kota Tua, Jakarta Barat.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai tempat-tempat bersejarah di Ibu Kota, berikut penjelasannya.

1. Monumen Nasional (Monas)

Monas merupakan landmark atau ikon terkenal di Jakarta dan Indonesia. Monas didirikan sebagai simbol perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pembangunannya dimulai pada tahun 1961 dan selesai tahun 1975.

Monumen ini memiliki tinggi sekitar 137 meter dan dirancang arsitek terkenal Indonesia Frederich Silaban. Struktur Monas terdiri dari tiga bagian utama. Bagian bawah berbentuk dasar yang berfungsi sebagai ruang pameran dan museum. Di dalam museum ini pengunjung dapat menemukan berbagai artefak dan benda bersejarah yang berhubungan dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Di atas bagian museum terdapat bagian tengah yang berbentuk pilar setinggi 117 meter yang melambangkan semangat perjuangan. Pada bagian puncaknya terdapat lidah api berbentuk bunga teratai yang menjadi simbol semangat perjuangan menuju kebebasan.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMII merupakan kompleks wisata budaya yang terletak di Jakarta Timur. Dibuka pada tahun 1975 TMII menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. TMII didesain sebagai miniatur dari berbagai aspek kebudayaan dan keindahan alam Indonesia.

Konsep utamanya memperkenalkan keragaman budaya, adat istiadat, dan kekayaan alam dari berbagai daerah di seluruh nusantara, sehingga pengunjung dapat menjelajahi Indonesia dalam satu tempat. Di kompleks TMII terdapat replika berbagai bangunan tradisional dari setiap provinsi di Indonesia.

Setiap paviliun provinsi menampilkan arsitektur unik dan karakteristik budaya setempat. Pengunjung dapat melihat miniatur rumah adat, kuil, candi dan berbagai landmark terkenal dari berbagai daerah di Indonesia.

3. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi didirikan untuk mengenang dan memperingati momen bersejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Lokasi museum ini berada di Jalan Imam Bonjol No 1, Jakarta Pusat tepatnya di rumah yang pernah menjadi tempat berlangsungnya peristiwa penting tersebut.

Museum ini juga dikenal dengan sebutan Rumah Lahirnya Proklamasi karena di sinilah dokumen proklamasi yang bersejarah itu dirumuskan dan disahkan. Museum Perumusan Naskah Proklamasi menyajikan berbagai artefak, benda bersejarah dan dokumentasi tentang peristiwa penting itu.

Pengunjung dapat menyaksikan ruang-ruang tempat perumusan naskah proklamasi yang terjadi dalam suasana penuh semangat dan tekad untuk merdeka dari penjajahan. Ada dua ruangan utama yang menjadi fokus utama museum.

Pertama adalah Ruang Proklamasi yang merupakan tempat di mana Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta bersama-sama dengan para tokoh pergerakan kemerdekaan berkumpul dan menyusun naskah proklamasi pada 17 Agustus 1945. Ruang kedua adalah Ruang Pengesahan di mana Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ditandatangani dan diresmikan oleh pejuang kemerdekaan seperti Soekarno, Hatta dan sejumlah pemimpin bangsa lainnya.

4. Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi sebuah monumen yang terletak di Jakarta Pusat. Tugu ini didirikan untuk mengenang momen bersejarah penting dalam sejarah bangsa Indonesia yaitu Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)