3 Fakta Ormas Pemuda Pancasila, Nomor 1 Didirikan Jenderal Besar TNI

Minggu, 23 Juli 2023 - 10:54 WIB
loading...
3 Fakta Ormas Pemuda Pancasila, Nomor 1 Didirikan Jenderal Besar TNI
Ada 3 fakta ormas Pemuda Pancasila (PP) yang dipimpin Japto Soerjosoemarno. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada 3 fakta ormas Pemuda Pancasila (PP) yang dipimpin Japto Soerjosoemarno. PP didirikan pada 28 Oktober 1959 oleh Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI).

IPKI merupakan partai politik yang didirikan Jenderal Besar TNI (Purn) AH Nasution ketika masa Orde Lama atau era kepemimpinan Presiden Soekarno.



Ingin tahu lebih jauh mengenai ormas PP, berikut 3 fakta Pemuda Pancasila dihimpun dari Badan Pelaksana Kaderisasi Pemuda Pancasila dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI):

Fakta Pemuda Pancasila

1. PP Didirikan Jenderal AH Nasution pada 28 Oktober l959

IPKI adalah cikal bakal berdirinya PP. IPKI dibentuk pada 20 Mei 1954 oleh Jenderal Besar TNI (Purn) AH Nasution.

Pembentukan IPKI untuk melawan ideologis Partai Komunis Indonesia (PKI). Ketika PKI mendirikan organisasi Pemuda Rakyat, IPKI menandinginya dengan mendirikan ormas PP pada 28 Oktober l959 .

2. Membantu TNI Bersihkan PKI

Ormas PP bersama ABRI (sekarang TNI) ikut dalam pembersihan PKI dan seluruh anasir komunis di Indonesia ketika gejolak tahun 1965 yang menjadi cikal bakal kelahiran Orde Baru dipimpin Presiden Soeharto.

Hingga kini, PP menjaga eksistensinya melewati tiga era pemerintahan Indonesia yakni Orde Lama, Orde Baru, dan Orde Reformasi. Maka, sangat tepat semboyan PP yaitu Sekali Layar Terkembang Surut Kita Berpantang.

PP merupakan organisasi yang siap menghadapi perubahan-perubahan terjadi baik perubahan zaman, politik, hingga sistem pemerintahan.

Pada 2001 melalui Mubes VII Pemuda Pancasila diputuskan PP berubah menjadi ormas yang bebas dari segala bentuk politik praktis. Arah kegiatan organisasi lebih dititikberatkan pada sektor yang menyentuh kepentingan masyarakat.

3. Diisi Pejabat Elite

PP mendapat dukungan pejabat elite mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wapres KH Ma’ruf Amin, hingga Ketua MPR Bambang Soesatyo. Terbukti Presiden Jokowi menghadiri Mubes X dan HUT Ke-60 Pemuda Pancasila pada tahun 2019.

Kalangan elite lain yang menyokong ormas PP seperti Ketua DPD La Nyalla Mattalitti dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)