Program Bank Sampah Pintar Kelola 2.000 Ton per Bulan

Selasa, 18 Juli 2023 - 19:36 WIB
loading...
Program Bank Sampah Pintar Kelola 2.000 Ton per Bulan
Pengelolaan sampah dengan memberdayakan masyarakat melalui program Bank Sampah Pintar. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID terus bergerak untuk pemberdayaan masyarakat melalui beberapa program, salah satunya pengelolaan sampah . Hal tersebut dilakukan melalui salah satu anggotanya PT ANTAM Tbk yang membuat program Bank Sampah Pintar.

Program Bank Sampah Pintar melalui UBPP Logam Mulia dengan membentuk kelompok peduli sampah. Program yang terbentuk pada 2017 dan mulai dikembangkan pada 2019 ini dibuat untuk menanggulangi permasalahan sampah di Jakarta Timur.

"MIND ID terus mendorong perusahaan anggota untuk melaksanakan praktik pertambangan yang mengutamakan keberlanjutan dengan menerapkan praktik circular economy di setiap rantai bisnisnya baik dari sisi operasional hingga pemberdayaan masyarakat," kata Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf.



Menurut dia, penting untuk anggota Grup MIND ID mengedepankan circular economy agar kesinambungan bisnis lebih terjaga. Selain itu, Grup MIND ID juga akan tetap mengajak dan melibatkan masyarakat dalam setiap program untuk mendukung rantai bisnis perusahaan.

Tak bisa dipungkiri, permasalahan sampah merupakan tantangan yang tak ada habisnya, terutama di lingkungan perkotaan. Permasalahan sampah di lingkungan perkotaan sejalan dengan tingkat produksi dan konsumsi individu yang tinggi dan beragam, sehingga menjadi tantangan dalam konsumsi dan produksi berkelanjutan.

Saat ini, sudah ada prinsip pengelolaan sampah dengan metode 'kumpul-angkut-buang', tetapi cara tersebut tidak dapat menyelesaikan permasalahan sampah secara efektif. Metode tersebut hanya akan memindahkan sampah dari satu tempat ke tempat lainnya, sehingga hanya akan mengakibatkan penumpukan sampah di Tempat Penampungan Akhir (TPA).

Timbunan sampah akan menimbulkan berbagai dampak serius yang merugikan masyarakat dan lingkungan seperti banjir, bau tidak sedap, penyakit yang berasal dari sampah yang tidak terkelola dengan baik hingga peningkatan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah yaitu karbondioksida (CO2), metana (CH4), serta dinitrogen oksida (N2O).

Karena itu, diperlukan upaya pengelolaan sampah yang out of the box dan berkelanjutan sebagai solusi alternatif untuk penanganan sampah, salah satunya program Bank Sampah Pintar dari PT ANTAM Tbk.

Program ini diharapkan meningkatkan kesadaran masyarakat akan permasalahan sampah di lingkungan sekitar. Selain itu, diharapkan meningkatkan peluang pendapatan masyarakat karena ikut berpartisipasi dalam program ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)