Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Temukan 3 Orang Positif Corona

Rabu, 29 April 2020 - 16:02 WIB
loading...
Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Temukan 3 Orang Positif Corona
Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 menggelar rapid test massal di area parkir Wisma Atlet Kemayoran, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Rabu (29/4/2020).Foto/SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun
A A A
JAKARTA - Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 menggelar rapid test massal di area parkir Wisma Atlet Kemayoran, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Rabu (29/4/2020). Dari hasil test diketahui ada tiga orang positif Covid-19.

Ketua Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Salahuddin Uno menuturkan, terdeteksinya tiga orang warga tersebut berdasarkan pemeriksaan swab test. Ketiganya kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran."Alhamdulillahirabbil Alamin pada hari ini kita selesaikan program cluster pertama dari Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yaitu program rapid test dan pembagian sembako," ungkap Sandi di RSD Wisma Atlet, Rabu (29/4/2020).

Menurut Sandi, hasil tes hingga pukul 12.00 WIB, sudah ada tiga anggota masyarakat yang terindikasi positif Covid-19 dan langsung dirujuk ke RSD Wisma Atlet. Tiga orang positif Covid-19 tersebut, lanjut Sandi, menambah jumlah pasien positif virus Corona yang terdeteksi sebelumnya.

"Tercatat ada sebanyak 28 orang positif virus Corona dalam rapid test massal yang menjangkau sebanyak 2.955 orang sejak 22-28 April 2020 lalu," ujarnya. Puluhan orang positif Corona ini berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat serta Banten.

Bersamaan dengan pelaksanaan rapid test, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 katanya juga menyalurkan paket sembako kepada masyarakat."Jumlah paket sembako berikut masker yang telah disalurkan ada sebanyak 4.000 paket," tuturnya.

Penyaluran paket sembako tersebut dilakukan bersamaan dengan gerakan dekontaminasi dan gerakan disinfektan di wilayah DKI Jakarta, Bekasi dan Bogor. Penyemprotan disinfektan yang digelar sejak tanggal 22 April 2020 itu katanya memiliki rentang sekira 30-35 kilometer.

Lewat penyemprotan bertahap, Sandi berharap kawasan permukiman warga, khususnya wilayah zona merah, padat penduduk dan prasejahtera dapat bebas Corona."Untuk hari ini, sekitar 35 kilometer akan dilaksanakan kembali di Kota Bekasi," ujarnya.

Sandi melanjutkan, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 akan melakukan konsolidasi serta evaluasi atas pelaksanaan rapid test massal.Tujuannya sebagai acuan pelaksanaan rapid test lanjutan yang diharapkannya dapat digelar lebih tepat sasaran.

"Jauh lebih tepat lokasinya. Dan kita akan melakukan mobilisasi melalui empat unit mobile test yang akan diarahkan ke daerah yang padat penduduk, zona merah dan juga daerah yang banyak anggota masyarakat yang berstatus prasejahtera," ucap Sandi.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)