Ketua PMI DKI Berpesan Implementasikan Tri Bakti PMR

Rabu, 05 Juli 2023 - 21:38 WIB
loading...
Ketua PMI DKI Berpesan Implementasikan Tri Bakti PMR
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta Rustam Effendi berpesan kepada Palang Merah Remaja (PMR) mengimplementasikan Tri Bakti PMR. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Palang Merah Indonesia ( PMI ) DKI Jakarta Rustam Effendi berpesan kepada Palang Merah Remaja (PMR) mengimplementasikan Tri Bakti PMR. Rustam bersama jajaran pengurus menghadiri pembukaan kegiatan Jumbara PMR Tingkat Nasional ke-IX di GOR Way Handak, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (4/7/2023).

Acara itu diawali dengan pemutaran lagu Ucup-Cak Culai Nabuy Nabuy. Kemudian, dilanjutkan dengan pawai kontingen dari PMI se Indonesia serta negara sahabat. Diketahui, Jumbara merupakan miniatur dari penerapan manajemen PMR, yaitu dari proses perekrutan, pelatihan, Tri Bakti PMR, pengakuan, penghargaan, pemantauan, dan evaluasi.

Rustam Effendi menjelaskan, kegiatan Jumbara dikemas dalam bentuk berbagai kegiatan dan lebih menekankan pada evaluasi bersama dengan proses pembinaan PMR sesuai dengan tugas peran dan fungsinya masing-masing komponen baik pengurus, staf, pembina PMR, fasilitator PMR, pelatih, dan anggota PMR.



"Baru saja saya menyaksikan langsung pembukaan kegiatan Jumbara PMR Tingkat Nasional IX oleh Ketua Umum PMI Pusat, Bapak Jusuf Kalla di Lapangan Jati Kalianda," ujar Rustam Effendi.

Dia menuturkan, kegiatan Jumbara ini sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan karakter kepalangmerahan serta peran anggota PMR dalam penerapkan Tri Bakti PMR sebagai pendidik sebaya melalui pendekatan keterampilan hidup. Bentuk kegiatannya di antaranya meliputi youth station, jurnalistik remaja, kewirausahaan sosial, remaja tangguh, international youth conference, dan bakti lingkungan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh orang tua murid yang terus mendukung dan memberikan semangat kepada anak-anaknya untuk mengikuti kegiatan Jumbara ini. Selamat mengikuti kegiatan Jumbara, tingkatkan persahabatan di level nasional dan internasional,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)