Urai Macet ke PRJ, Dishub DKI Sediakan Shuttle Bus di Stasiun Kemayoran dan 3 Rute Transjakarta

Jum'at, 30 Juni 2023 - 07:19 WIB
loading...
Urai Macet ke PRJ, Dishub DKI Sediakan Shuttle Bus di Stasiun Kemayoran dan 3 Rute Transjakarta
Pemprov DKI Jakarta menyiapkan sejumlah langkah mengurai kemacetan menuju PRJ di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat terutama saat long weekend libur Iduladha 2023. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menyiapkan sejumlah langkah mencegah kemacetan menuju Pekan Raya Jakarta (PRJ) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat terutama saat long weekend libur Iduladha 1444 Hijriah.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan sudah menyiapkan shuttle bus dari Stasiun Kemayoran untuk mengantar pengunjung menuju PRJ. Pihaknya juga telah menambah tiga rute bus Transjakarta.

"Kami mengimbau masyarakat agar ke PRJ tetap menggunakan angkutan umum. Bisa dengan KRL nanti turun di Kemayoran kemudian di sana sudah disiapkan shuttle bus," ujar Syafrin, Jumat (30/6/2023).



"Jadi sekarang untuk Transjakarta ada 3 rute yang disiapkan Pemprov DKI untuk melayani ke Kemayoran. Di antaranya ada rute dari Balai Kota DKI ke Jakarta Kota sekarang diarahkan ke PRJ, Jakarta Kota dan sebaliknya," tambahnya.

Kemacetan menuju PRJ disebabkan masifnya pengunjung menggunakan kendaraan pribadi. Meski telah disiapkan lahan parkir yang cukup, namun waktu yang bersamaan juga menimbulkan kepadatan.

"Sebenarnya di sana sudah disiapkan lahan parkir, tapi karena bersamaan masyarakat masuk sehingga ada kepadatan. Apakah itu di kawasan Benyamin Sueb, kemudian di Jalan Angkasa dan sekitarnya," kata Syafrin.

Sebelumnya, beredar video di media sosial memperlihatkan kemacetan parah sebelum memasuki kawasan PRJ. Kemacetan diketahui terjadi pada Sabtu, 24 Juni 2023.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan, kemacetan imbas dari PRJ dan ajang street race Polda Metro Jaya yang digelar pada hari sama. PRJ berlangsung selama satu bulan full, sementara street race Polda Metro Jaya digelar pada 24 dan 25 Juni 2023.

"Pelaksanaan street race bersebelahan dengan PRJ. Kami minta maaf kepada masyarakat yang terganggu yang akan menuju PRJ," ujar Latif, Minggu (25/6/2023).
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)