4 Makanan Khas Iduladha Jakarta, Bisa Jadi Referensi Olahan Nikmat dan Lezat

Senin, 26 Juni 2023 - 20:00 WIB
loading...
4 Makanan Khas Iduladha Jakarta, Bisa Jadi Referensi Olahan Nikmat dan Lezat
Terdapat sejumlah makanan khas Iduladha Jakarta yang bisa jadi referensi olahan daging nikmat dan lezat. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah makanan khas Iduladha Jakarta yang bisa jadi referensi olahan daging nikmat dan lezat. Salah satunya adalah gorengan kambing yang mungkin jarang didengar.

Mendekati momen Iduladha 2023, sebagian masyarakat sudah memikirkan menu masakan apa yang akan disajikan nanti. Di Indonesia sendiri, cukup banyak makanan khas Iduladha yang masing-masing dimiliki daerah, tak terkecuali Jakarta.

Identik dengan perdagingan, menu khas Iduladha ini juga berkaitan dengan olahan daging, baik sapi maupun kambing. Berikut sejumlah makanan khas Iduladha Jakarta.


Makanan Khas Iduladha Jakarta

1. Gorengan Kambing

Bagi sebagian orang, gorengan kambing ala Betawi mungkin terdengar asing. Mengutip laman Dinas Kebudayaan Jakarta, olahan ini menjadi salah satu makanan khas yang biasa terhidang saat Iduladha.

Perlu diketahui, gorengan kambing ini berbeda dengan gorengan biasa yang dimasak dalam minyak panas seperti mendoan, bakwan, tahu isi, dan sejenis lainnya.

Gorengan kambing ala Betawi merupakan makanan dari daging dan jeroan kambing. Bahan dasar tersebut nantinya diolah bersama santan dan bumbu rempah yang pekat.

Selain itu, penampilannya pun lebih mirip gulai atau semur dengan racikannya yang menggunakan kecap manis. Untuk rasanya, terdapat cita rasa yang gurih serta aroma menggugah selera.

2. Soto Betawi

Makanan bernama Soto Betawi tentu sudah tidak asing lagi di masyarakat, bahkan luar Jakarta sekalipun. Biasanya, olahan ini juga dapat disajikan pada momen seperti Iduladha.

Pada momen Iduladha, masyarakat biasanya akan mendapatkan daging sapi. Dari sekian banyak olahan yang bisa dicoba, salah satunya yang cukup khas adalah soto Betawi.

Daging sapi nantinya akan menjadi bahan campuran dalam soto Betawi. Berbeda dengan soto biasa, kuah soto khas Betawi merupakan campuran santan dan susu. Kedua campuran bahan inilah yang membuat rasanya begitu khas dan berbeda dengan soto dari daerah lainnya.


3. Semur Daging ala Betawi

Semur daging mungkin bisa ditemui di berbagai daerah atau tidak hanya dari Jakarta. Namun, olahan semur daging khas Jakarta ini memiliki beberapa ciri khas tersendiri.

Salah satu keunikan dari semur daging ala Betawi adalah penggunaan dua bumbu, yaitu bumbu tumis dan bumbu pelumur. Inilah yang membuatnya menjadi lebih kaya rasa dan nikmat tentunya.

4. Sop Kambing Betawi

Makanan khas Iduladha Jakarta berikutnya adalah sop kambing Betawi. Bagi masyarakat yang memiliki daging kambing maupun sapi di momen Iduladha nanti, olahan ini bisa menjadi pilihan.

Sop kambing ala Betawi memiliki cita rasa khas berupa kuahnya yang kental dan kaya akan bumbu. Untuk mendapat hasil terbaik, perlu diperhatikan pula pemilihan dagingnya.

Demikian ulasan mengenai sejumlah makanan khas Iduladha dari Jakarta.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2507 seconds (0.1#10.140)