Ini Alasan Kaisar Jepang Memilih Kunjungan Awal ke Depo MRT dan Rumah Pompa Waduk Pluit

Minggu, 18 Juni 2023 - 20:22 WIB
loading...
Ini Alasan Kaisar Jepang Memilih Kunjungan Awal ke Depo MRT dan Rumah Pompa Waduk Pluit
Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito melakukan kunjungan kenegaraan pertamanya ke Indonesia dengan mengunjungi Depo MRT Lebak Bulus, Minggu (18/6/2023). Foto: Dok MRT Jakarta.
A A A
JAKARTA - Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito melakukan kunjungan kenegaraan pertamanya ke Indonesia setelah naik takhta . Menariknya, agenda lawatannya di Indonesia hari ini dimulai dengan mengunjungi Depo MRT Lebak Bulus dan Rumah Pompa Waduk Pluit.

Lantas apa istimewanya Depo MRT Lebak Bulus dan Rumah Pompa Waduk Pluit bagi Kaisar Naruhito?

Spokesperson untuk Kaisar Jepang, Shiojiri Kojiro, mengungkapkan, Kaisar Naruhito sangat menantikan lawatan ke Indonesia ini. Sebab, Kaisar memiliki satu keinginan untuk menyaksikan seperti apa hubungan dan persahabatan antara Jepang-Indonesia.



"Beliau sangat senang sekali, dan mengharapkan juga untuk bertemu langsung dengan orang-orang yang memiliki jasa atau berkontribusi antara kedua negara dan mendengar langsung dari mereka, itulah yang diinginkan Kaisar," ujar Shiojiri dalam Press Briefing lawatan Kaisar Jepang, di Hotel Kempinski Jakarta, Minggu (18/6/2023).

Kegiatan Kaisar hari ini diawali dengan mengunjungi Depo MRT Jakarta di Lebak Bulus yang diresmikan 4-5 tahun lalu. Menurut Shiojiri, Kaisar Naruhito aktif bertanya dengan narasumber seperti teknisi berbagai ahli.

Kunjungan selanjutnya, Kaisar Naruhito mendatangi Rumah Pompa Waduk Pluit. Ternyata alasannya ada kerja sama dengan Jepang untuk membangun rumah pompa air ini, dan Kaisar Naruhito ahli dalam manajemen air.



"Sebenarnya waduk tersebut dulu sudah ada, tahun 2009 rusak berat. Setelah itu Jepang dan Indonesia bekerja sama membangun kembali sejak tahun 2014," kata Shiojiri.

Menurut Shiojiri, Kaisar memiliki keinginan yang kuat untuk menyaksikan persahabatan Jepang-Indonesia dengan mata kepala sendiri. Oleh karena itu, pada hari pertama ini mengunjungi kedua lokasi tersebut.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2411 seconds (0.1#10.140)