Imbas Longsor Gunung Batu, Pemkot Bogor Kucurkan Anggaran Rp1,9 Miliar

Jum'at, 16 Juni 2023 - 15:54 WIB
loading...
Imbas Longsor Gunung Batu, Pemkot Bogor Kucurkan Anggaran Rp1,9 Miliar
Pemkot Bogor menganggatkan Rp1,9 miliar untuk membangun turap tergerus longsor di Kelurahan Gunung Batu, Bogor Barat, Kota Bogor. Foto/Istimewa
A A A
BOGOR - Pemerintah Kota Bogor memastikan turap longsor di wilayah Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor akan kembali dibangun yang lebih kuat. Untuk pembangunan turap tersebut, sudah disiapkan dana Rp1,9 miliar.

”Pelaksanaan rencana pembangunan turap tujuannya melindungi masyarakat supaya tidak lagi ada kekhawatiran kalau misalnya terjadi hujan besar itu bisa kita ajukan dan kita ACC senilai Rp 1,9 Miliar,” kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim, Jumat (16/6/2023).



Hanya saja, saat ini proses administrasi masih berproses. Namun, kesiapan pembangunan sudah mulai ditunaikan seperti desain maupun Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk turap tersebut.

”Sedikit-sedikit supaya nanti saat uangnya turun untuk pembangunan tinggal dilaksanakan. Kita sekarang juga pastikan warga tetap aman sambil menunggu pembangunan berjalan,” ucapnya.

Sementara, 4 KK yang terdampak sudah dilakukan relokasi ke hunian sementara. Ketika turap sudah selesai dibangun, dipersilakan untuk kembali. ”Nanti boleh kembali setelah pembangunan turapnya selesai. Karena ini masih rawan,” tutupnya.



Diberitakan sebelumnya, turap atau tembok penahan tanah (TPT) yang berada di Gang Halimah, Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor mengalami longsor pada Minggu 4 Juni 2023 lalu.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya saja, longsor dengan tinggi sekitar 30 meter itu menimpa rumah warga di bawahnya dan terpaksa mengungsi.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)