Dishub DKI Targetkan Waktu Tempuh Transjakarta Bandara Maksimal 90 Menit

Kamis, 15 Juni 2023 - 07:45 WIB
loading...
Dishub DKI Targetkan Waktu Tempuh Transjakarta Bandara Maksimal 90 Menit
Bus Transjakarta saat hendak mengangkut penumpang di salah satu halte busway di Jakarta Pusat. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menargetkan rute Bus Transjakarta yang menuju Bandara Soekarno-Hatta ( Soetta ) dapat ditempuh maksimal 90 menit. Estimasi waktu itu dilihat dari tingkat volume kendaraan di Jakarta.

"Maksimum 90 menit dengan tingkat kepadatan yang ada sekarang," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Kamis (15/6/2023).



Kendati begitu, Syafrin menjelaskan, waktu tempuh dengan menggunakan armada Transjakarta akan ditetapkan pada saat uji coba pada bulan Juli 2023. Bus Transjakarta ini akan menuju Bandara Soetta dari Terminal Kalideres.

"Nah itu yang akan ditetapkan saat uji coba nanti, karena mereka Transjakarta tentu harus bisa memenuhi pelayanan minimum yang sudah ada," ujarnya.



Selain itu, Syafrin menjelaskan, dibukanya rute baru layanan Bus Transjakarta ke Bandara Soetta lantaran guna mengisi segmentasi kekosongan bagi para karyawan.

"Ada kekosongan di segmen tertentu, untuk segmen penumpang yang akan melanjutkan dengan penerbangan udara. Segmen untuk pekerja misalnya, belum ada yang mengisi layanan itu. Maka Transjakarta akan mengisi kekosongan layanan di segmen itu," imbuh.

Segmen kekosongan itu juga, lanjut Syafrin, berdasarkan hasil kunjungan dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono ke Bandara Soetta beberapa waktu yang lalu.

"Perlu dipahami bahwa hasil kunjungan Pak Menteri dan juga Pak Pj Gubernur ke Bandara Soetta terlihat, bahwa di sana ada kekosongan layanan di segmen tertentu," jelas dia.



Sebagai informasi, uji coba rute layanan Bus Transjakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta tersebut akan dilakukan pada awal bulan Juli 2023. Pada tahap uji coba, akan menggunakan 15 Bus Transjakarta.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2242 seconds (0.1#10.140)