Cegah Banjir, Kajol Indonesia Bersihkan Sampah di Sungai Ciliwung

Rabu, 14 Juni 2023 - 15:11 WIB
loading...
Cegah Banjir, Kajol Indonesia Bersihkan Sampah di Sungai Ciliwung
Relawan Kajol Indonesia menggelar aksi pungut sampah di sekitaran Kali Ciliwung, Bogor, Rabu (14/6/2023). Kegiatan ini untuk mengajak masyarakat meningkatkan kesadaran kebersihan lingkungan. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BOGOR - Relawan Komunitas Ojol (Kajol) Indonesia menggelar aksi pungut sampah di sekitaran Kali Ciliwung, Bogor. Kegiatan ini untuk mengajak masyarakat meningkatkan kesadaran kebersihan lingkungan.

"Kami bersama Satgas Kali Ciliwung mengadakan kegiatan bersih-bersih. Ini bentuk kecintaan dan kepedulian kami terhadap lingkungan, khususnya bantaran Kali Ciliwung," kata Juru Bicara Kajol Indonesia Dukung Ganjar Risnandar, Rabu (14/6/2023).

Aksi bersih-bersih tersebut atas dasar persoalan banjir yang kerap melanda Depok dan Jakarta akibat luapan Sungai Ciliwung. "Oleh karena itu, sebelum musim penghujan datang, kami berinisiasi membersihkan Kali Ciliwung dari sumbatan sampah agar tidak terjadi sumbatan saat musim penghunan tiba," lanjutnya.

Dengan menggunakan atribut protokol keselamatan dan kebersihan lengkap, Kajol Indonesia mengerahkan 300 relawan. Mereka terdiri dari para driver ojol dan masyarakat yang tinggal di lingkungan sekitar.

Risnandar mengatakan masyarakat merasa antusias dan mendukung aksi tersebut dan berharap dilanjutkan secara konsisten. "Masyarakat sangat antusias karena ini bentuk kecintaan dan kepedulian mereka terhadap tempat di mana mereka tinggal," ungkapnya.

Dari aksi bersih-bersih tersebut, relawan Ganjar Pranowo itu menargetkan lebih dari 1 ton sampah yang akan dikumpulkan. Nantinya sampah itu dibawa ke tempat pembuangan terdekat.

Selanjutnya, aksi bersih-bersih tersebut akan berlanjut di sejumlah titik di kawasan Bogor dan Depok. Ada tiga titik di Depok dan Bogor. Semuanya itu sekitaran bantaran Kali Ciliwung.

Team Leader Satgas Ciliwung Sektor 2 Sumardi berterima kasih atas kolaborasi yang dilakukan bersama Kajol Indonesia. "Terima kasih sudah membantu kinerja kami dan ada yang peduli dalam merawat lingkungan," kata Sumardi.

Satgas Ciliwung sendiri akan terus konsisten menyosialisasikan kebersihan lingkungan kepada masyarakat di pinggiran kali untuk tidak membuang sampah ke sungai. "Alhamdullilah selama beberapa tahun ini kami sosialisasikan, perubahannya cukup signifikan. Dari sungai kotor menjadi bersih," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)