Jadi Alternatif Wisata, Warga Tangerang Bisa Keliling Kota Gratis dengan Bus Jawara

Senin, 12 Juni 2023 - 02:30 WIB
loading...
Jadi Alternatif Wisata, Warga Tangerang Bisa Keliling Kota Gratis dengan Bus Jawara
Warga Tangerang bisa keliling kota gratis dengan Bus Jawara sebagai alternatif wisata. Foto: MPI/Isty Maulidya
A A A
JAKARTA - Mengisi waktu di akhir pekan tak hanya dengan pergi ke mal atau bahkan ke luar kota. Ada banyak alternatif kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Tangerang, salah satunya berkeliling kota secara gratis dengan bus Jawara atau Bus Jalan-Jalan Wisata Rakyat Tangerang .

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Suhaely mengatakan, bus Jawara beroperasi setiap hari mulai pukul 15.30 hingga 18.00 WIB. Sehingga, masyarakat Tangerang dan lainnya bisa memanfaatkan fasilitas gratis ini.

Bus Jawara tersebar di empat lokasi pemberhentian, yakni Taman Elektrik depan Puspem Kota Tangerang, Taman Gajah, Taman Potret, dan Jembatan Kaca Cisadane.



“Masyarakat yang ingin naik Bus Jawara bisa datang lebih awal ke titik lokasi pemberhentian. Guna menghindari keramaian datanglah lebih dulu. Karena kapasitasnya 32 kursi dengan area terbuka dan tertutup dilengkapi AC,” kata Suhaely, Minggu (11/6/2023).

Tak hanya itu, masyarakat juga bisa menyewa Bus Jawara untuk kegiatan studytour sekolah maupun kelompok masyarakat. Caranya, dengan mengirim surat ke Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang dan ditujukan untuk Kepala Dishub.

Dikarenakan pengoperasiannya di bawah kendali Dishub Kota Tangerang. ”Pastikan saat mengirim surat mencantumkan tanggal dan waktu penyewaan Bus Jawara, serta nomor kontak penanggung jawab yang menyewa nantinya,” jelas Suhaely.



Adapun rute perjalanannya dimulai dari Taman Elektrik Puspem, Jalan Veteran, Taman Burung, Kawasan Kuliner Laksa Tangerang, Taman Potret, Taman Gajah tunggal, Kampung Bekelir, Jalan Otista, KS Tubun, dan Jembatan Berendeng,

Kemudian ke Taman Pramuka dan berakhir kembali ke Taman Elektrik. Lebih lanjut, masyarakat diimbau agar tetap tertib saat menaiki Bus Jawara dan menjaga fasilitas yang tersedia.

“Bagi penumpang yang menaiki Bus Jawara agar tetap tertib saat akan naik, serta tetap memprioritaskan kursi bagi ibu hamil, lansia dan tidak merusak fasilitas di dalam Bus Jawara,” imbaunya.

Sebagai informasi, prosedur pengajuan peminjaman bus jawara akan melalui Tangerang Live APPS secara terintegrasi dan akan segera di launching dalam waktu dekat.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2064 seconds (0.1#10.140)