Kendaraan ke Puncak Bogor Meningkat, Polisi Terapkan One Way

Kamis, 01 Juni 2023 - 10:11 WIB
loading...
Kendaraan ke Puncak Bogor Meningkat, Polisi Terapkan One Way
Hari pertama long weekend, lalu lintas menuju kawasan Puncak, Bogor mengalami peningkatan. Foto/MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Hari pertama long weekend, lalu lintas menuju kawasan Puncak, Bogor mengalami peningkatan. Polres Bogor pun memberlakukan sistem one way dari arah Jakarta menuju Puncak.

"Situasi di kawasan wisata Puncak pada hari pertama long weekend ini untuk arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak terjadi peningkatan dibanding hari biasa. Baru saja kita melaksanakan oneway arah Puncak setelah sebelumnya kita melaksanakan ganjil-genap yang dimulai dari kemarin," ungkap Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata di Simpang Gadog, Kamis (1/6/2023).

Dicky mengatakan, peningkatan volume kendaraan sudah terjadi sejak di Exit GT Ciawi hingga Simpang Gadog. Meskipun, peningkatan belum terlalu signifikan.

"Pagi hari ini belum terlalu padat. Tapi tetap ada peningkatan yang cukup terasa mulai dari dalam tol, sampai ke Simpang Gadog," kata Dicky.


Dicky menuturkan, sistem one way ini diberlakukan petugas secara situasional tergantung kondisi lalu lintas di lapangan. Apabila volume kendaraan sudah kembali normal maka Jalur Puncak akan kembali dibuka dua arah.

"One way kita laksanakan situasional. Kita lihat apabila dibutuhkan one way, kita akan mainkan. Jadi kita lihat situasi arah kendaraan. Jadi biasanya pagi hari kita laksanakan one way arah atas untuk melakukan penarikan arus, sedangkan siang hari untuk pengurasan arus kita tarik ke bawah," jelasnya.

Di samping itu, tambah Dicky, sela momen long weekend ini pihaknya menyiapkan sebanyak 300 personel gabungan di sepanjang Jalur Puncak. Termasuk beberapa pos pemantauan di kawasan tersebut.

"Total ada 300 personel, kita siagakan sepanjang Jalur Puncak 22 kilometer. Untuk pos pemantauan sendiri kita ada beberapa pos yaitu ada empat pos dari Simpang Gadog, Megamendung, Taman Safari, dan Riung Gunung," pungkasnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2204 seconds (0.1#10.140)