Bus AKAP Haryanto Terbakar di Gerbang Tol Cikarang Barat

Senin, 29 Mei 2023 - 22:05 WIB
loading...
Bus AKAP Haryanto Terbakar di Gerbang Tol Cikarang Barat
Sejumlah warga tampak menonton Bus AKAP Haryanto terbakar di depan Gerbang Tol Cikarang Barat, Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Senin (29/5/2023) malam. Foto: MPI/Ade Suhardi
A A A
BEKASI - Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) milik PO Haryanto terbakar di depan Gerbang Tol Cikarang Barat, Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi , Senin (29/5/2023) malam. Kebakaran itu, diduga akibat korsleting listrik pada bagian mesin.

Bus yang mengangkut 10 orang penumpang asal Jakarta dengan tujuan Kota Cepu, Jawa Tengah, itu terbakar saat akan masuk Tol Jakarta Cikampek melalui Gerbang Tol Cikarang Barat usai mengambil penumpang di agen Bus Haryanto.



Sopir bernama Kuat (49) menuturkan, peristiwa kebakaran awalnya diketahuinya melihat asap tebal keluar dari bagian belakang, tepatnya dari bagian mesin.

"Awalnya enggak ada gejala apa-apa, asap keluar dari mesin belakang pas tikungan itu mau masuk tol saya lihat dari kaca spion itu kok asap sudah keluar gede gitu, terus saya berhenti keluar turun, penumpang saya suruh turun, enggak lama api langsung gede gitu," tutur Kuat di lokasi kejadian.

Dia menduga, kebakaran disebabkan adanya korsleting pada bagian kelistrikan mesin bus. Pasalnya, kata Kuat, sejak berangkat dari Jakarta, mesin bus dalam kondisi normal tak ada kendala yang dirasakan olehnya.

"Bagian belakang, kemungkinan ya dari perkabelan korslet, dari pas berangkat enggak ada kendala tadi di dalam tol dari Jakarta juga aman," ungkapnya.

Beruntung sebelum api membesar dirinya meminta seluruh penumpang turun dari bus. Sehingga tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

"Tujuannya ke Cepu, Jawa Tengah, penumpangnya sekitar 10 orang saya suruh turun ada asap takutnya kan ada api penumpang saya suruh turun semua, jadi sebelum api gede penumpang udah turun semua," kata Kuat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)