Kembangkan Ekonomi Daerah, Pemkab Bekasi Luncurkan Wisata Industri

Senin, 29 Mei 2023 - 18:11 WIB
loading...
Kembangkan Ekonomi Daerah, Pemkab Bekasi Luncurkan Wisata Industri
Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan melaunching destinasi wisata industri di Gedung Teater Cikarang, Kabupaten Bekasi, Senin (29/5/2023). Foto/Istimewa
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi meluncurkan program wisata industri untuk mengembangkan perekonomian daerah melalui sektor kepariwisataan sekaligus media edukasi bagi masyarakat.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan melalui program wisata industri, para pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum dapat melihat bagaimana etos kerja perusahaan industri menghasilkan produk berkualitas tinggi bisa menjadi contoh disiplin dalam pembelajaran.

”Program terdekat sudah kita atur kunjungan sampai akhir tahun ini. Akan ada kunjungan para pelajar dari berbagai sekolah untuk mendukung program dinas pendidikan yakniOuting Class(belajar di luar),” kata Dani dalam keterangannya, Senin (29/5/2023).



Dia menyatakan sudah ada tujuh perusahaan yang siap bekerja sama mendukung program wisata industri dan terus akan ditingkatkan minimal hingga 20 perusahaan pada periode tahun ini.

Perusahaan tersebut bergerak di otomotif, makanan, minuman, serta alat berat dan fashion. Pemkab Bekasi menyediakan platform digital dalam bentuk website yang bisa diakses oleh masyarakat dengan menyediakan berbagai menu pilihan tujuan wisata.



”Dari situ nanti ada menu, mau perusahaan apa, kelompok industri apa. Ada 13 operator yang siap mengarahkan dan melayani tujuan para wisatawan,” ungkapnya.

Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata pada Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Bramantio Soewarno meyakini program ini mampu menjadi program unggulan Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, bahkan Nasional dalam beberapa tahun mendatang.

Dia menyebut wisata industri sebagai wujud sinergitas pemerintah daerah bersama manajemen perusahaan, pengelola kawasan industri, pelaku usaha ekonomi kreatif, asosiasi penyelenggara perjalanan wisata atau Asperwi, hingga Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

”Jadi kita sinergikan, semisal untuk paket wisata, mulai dari menentukan destinasi perusahaan yang akan dikunjungi, tempat makan, termasuk hotel dan destinasi berikutnya yang akan dikunjungi,” ucapnya.

Ketua Badan Pengurus Cabang PHRI Kabupaten Bekasi Tuti Nurcholifah Yasin menyatakan kesiapan mendukung pemerintah daerah dalam mengoptimalkan program kemitraan di sektor pariwisata berbasis industri.

”Kami mengambil peran dari segi pemakaian usaha travel, tempat makan, maupun penyewaan kamar penginapan. Kami melihat sejauh ini industri pariwisata belum mampu bangkit terlalu jauh usai pandemi. Ini akan jadi salah satu solusi kebangkitan,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)