Atasi Kemacetan Puncak Bogor, Komisi IV DPR: Kuncinya Pembenahan Pasar

Senin, 29 Mei 2023 - 16:00 WIB
loading...
Atasi Kemacetan Puncak Bogor, Komisi IV DPR: Kuncinya Pembenahan Pasar
Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi mendorong Kementerian PUPR untuk segera menyelesaikan kemacetan di Puncak Bogor. Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi mendorong Kementerian PUPR untuk segera menyelesaikan kemacetan di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Sebab, kemacetan kerap menjadi salah satu kendala ketika wisatawan hendak berkunjung ke kawasan tersebut.

”Itu kewenangannya di PUPR. Mereka harus segera mendesain atau membuat rencana kerja. Saya pikir sudah punya ya rencana kerja untuk 2024, 2025, sehingga nanti terintegrasi tidak ada lagi kemacetan,” kata Dedi di Taman Safari Cisarua Bogor, Senin (29/5/2023).



Dia mencontohkan salah satu tujuan wisata di kawasan Puncak adalah Taman Safari. Tetapi, kendala yang dialami wisatawan yakni kemacetan. ”Capeknya ke Taman Safari adalah itu di jalannya, bukan berkunjungnya,” ungkapnya.

Selain itu, pembenahan terhadap pasar di kawasan Puncak juga sangat diperlukan. Sebab, pasar turut menyumbang kemacetan di kawasan wisata tersebut.



”Bagaimana pasarnya? Mudah-mudahan Pemkab Bogor bisa membenahi pasarnya. Intinya kalau pasar itu cuma satu, kan kedisiplinan saja sebenarnya. Saya keliling Jawa Barat problemnya cuma satu yakni pasar dan parkirnya harus ditertibkan,” ucapnya.

Di sisi lain, apapun solusinya nanti terkait kemacetan di kawasan Puncak tidak bertentangan dengan prinsip lingkungan dan memberikan efesiensi.

”Saya pikir silakan PUPR lebih tahu, ngerti ilmunya, segera dibangun. Karena Taman Safari ini bukan hanya urusan rekreasi, tapi penyelamatan hewan yang dilindungi,” harapnya.



Direktur Utama Taman Safari Indonesia Jansen Manangsang juga berharap agar kemacetan di kawasan Puncak segera diatasi. Seperti melakukan pembenahan di beberapa titik kemacetan.

”Kalau bisa masyarakat yang susah kalau datang ke sini membuang energi dan semuanya kalau bisa ditertibkan kalau bisa di pasar sama Megamendung dua point itu bisa lancar,” ucap Jansen.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)