Gabung Binaan MNC Peduli dan MNC Sekuritas, Pelaku UMKM Muara Gembong Merasa Terbantu

Jum'at, 26 Mei 2023 - 17:51 WIB
loading...
Gabung Binaan MNC Peduli dan MNC Sekuritas, Pelaku UMKM Muara Gembong Merasa Terbantu
Sejumlah ibu-ibu PKK di Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, tampak menjahit tas dalam binaan MNC Peduli. Foto: MPI/Ade Suhardi
A A A
BEKASI - Seorang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) di Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, bersyukur bisa bergabung dalam binaan MNC Peduli ini. Meski baru satu tahun lebih, tetapi pelaku UMKM ini sangat senang.

Anggota UMKM Binaan MNC Peduli, Misna (55), mengaku senang bisa bergabung dalam PKK di Desa Pantai Bakti binaan MNC Peduli hampir satu tahun lebih. Hasilnya, kata dia, ribuan produk tas yang dihasilkan dari jari payahnya itu dibanjiri ribuan pesanan.



"Ikut produksi di sini hampir satu tahun. Alhamdulillah yang terjual sudah hampir seribu lebih pesanan," kata Misna kepada Wartawan, Jumat (26/5/2023).

Misna mengatakan, untuk waktu pengerjaannya dalam sehari bisa mendapatkan 20 pics. Bahkan 25 pics yang sudah di produksinya yang di mulai dikerjakan sejak pagi hingga sore hari.

"Sehari itu pendapatannya bisa 20, sampai 25 pics. Saya kerjakannya itu sehabis masak di rumah dari pagi sampai sore," tuturnya.

Misna mengaku memilih bergabung dalam binaan MNC Peduli ini sangat membantu dirinya dan keluarga. Dalam kesehariannya, kata dia, ada kegiatan atau kesibukan yang bisa membantu suami untuk tambahan uang belanja sehari-hari di dapur.

"Kesibukan ini jadi ada hasilnya bisa bantuin suami. Saya banyak terima kasih kepada MNC Peduli dan MNC Sekuritas. Harapannya ke depannya mudah-mudahan banyak pesanan banyak peminatnya," harap Misna.



Sebelumnya diberitakan, hasil olahan tangan ibu-ibu PKK yang kreatif itu dibeli oleh MNC Peduli dan MNC Sekuritas sebagai merchandise promosi. Sebagai informasi, Desa Pantai Bakti merupakan desa binaan MNC Peduli.

Diketahui, dari hasil karya tersebut, dibeli oleh MNC Peduli dan MNC Sekuritas sebagai merchandise promosi. Sebagai informasi, Desa Pantai Bakti merupakan desa binaan MNC Peduli.

MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Sejalan dengan hal tersebut, MNC Sekuritas aktif menggelar Corporate Social Responsibility (CSR) secara konsisten dan berkelanjutan untuk membawa dampak positif bagi masyarakat.

Sebelumnya, MNC Sekuritas juga pernah mendukung penyelenggaraan workshop pengolahan daur ulang sampah plastik menjadi barang-barang kerajinan tangan oleh MNC Peduli untuk ibu-ibu PKK Kelurahan Sumur Batu, Bantar Gerbang, Bekasi, tahun 2021.

Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina mengatakan, MNC Sekuritas sebagai perusahaan sekuritas lokal yang telah berdiri lebih dari 30 tahun memiliki komitmen untuk mendukung peningkatan taraf hidup masyarakat melalui edukasi mengenai pentingnya investasi. Salah satunya dengan memperoleh penghasilan tambahan melalui wirausaha.

“Kami ingin berperan aktif dalam membantu ibu rumah tangga agar lebih mandiri. Dengan keterampilan yang sudah dimiliki, misalnya dengan menjahit, mereka dapat membantu ekonomi keluarga melalui penghasilan tambahan yang dihasilkan," ujar Susy kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Jumat (26/5/2023).

Dia juga berharap, program pemberdayaan wanita ini juga menumbuhkan semangat wirausaha dan kreativitas dalam mengatur keuangan keluarga.

"Selain itu, produk yang dihasilkan berupa tas dan dompet akan dibagikan MNC Sekuritas sebagai merchandise promosi, sehingga diharapkan juga mengurangi limbah dari tas sekali pakai,” ucap Susy.

MNC Sekuritas terus mendukung upaya program berkelanjutan yang melibatkan Environment, Social dan Governance (ESG). Pada aspek lingkungan hidup, berbagai inisiatif telah diterapkan, baik di lingkungan internal karyawan maupun secara eksternal.

“Kami meyakini bahwa bisnis yang dijalankan MNC Sekuritas harus sejalan dengan prinsip pelestarian lingkungan agar dapat berjalan secara berkelanjutan (sustainable)," kata Susy.

Oleh sebab itu, lanjut Susy, MNC Sekuritas telah menjalankan berbagai program seperti penggunaan tumbler oleh karyawan, pembukaan rekening saham secara full online tanpa perlu mengirimkan dokumen fisik, dan sebagainya, untuk aktif berkontribusi positif terhadap lingkungan yang lebih baik.

"Sebagai informasi, dalam waktu dekat ini, MNC Sekuritas juga akan berkolaborasi dengan MNC Peduli untuk menggelar kegiatan CSR terkait lingkungan hidup di salah satu SMA di wilayah Bogor, dimana siswanya mengolah limbah botol plastik menjadi wadah untuk pembuatan taman vertikal di lingkungan sekolah," imbuhnya.

Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo menyampaikan, program ini merupakan bagian dari CSR MNC Group melalui MNC Peduli yang berkelanjutan.

“Kami mendorong unit usaha MNC Group untuk mendukung UMKM komunitas binaan kami di Desa Pantai Bakti dalam memproduksi tas belanja kain dan dompet,” kata Jessica.

Jessica berharap, dengan dukungan ini akan terus memacu kelompok usaha ini agar terus berkreasi, produktif, dan mandiri kedepannya.



“Semoga juga dapat menginspirasi ibu-ibu lainnya untuk terus berdaya dan berkarya,” ujar Jessica.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)