Hari Kedua Lebaran Betawi 2023, Monas Diserbu Ribuan Warga

Minggu, 21 Mei 2023 - 10:18 WIB
loading...
Hari Kedua Lebaran Betawi 2023, Monas Diserbu Ribuan Warga
Ribuan warga mulai memadati kawasan Monas, Jakarta Pusat. Sekadar diketahui, saat ini di Monas sedang ada perayaan Lebaran Betawi 2023. Foto: MPI/Irfan Maulana
A A A
JAKARTA - Ribuan masyarakat memadati kawasan Monumen Nasional ( Monas ), Jakarta Pusat. Kedatangan mereka adalah untuk menghadiri acara Lebaran Betawi hari kedua yang berlangsung Minggu (21/5/2023).

Monas mulai dipadati warga sejak pukul 08.00 WIB. Sampai pukul 09.50 warga terus berdatangan.



Bahkan, terjadi kemacetan di sekitar jalan kawasan Monas. Hal ini disebabkan, adanya antrean parkir ke Monas. Saking padatnya, parkiran Monas pun penuh.

Pantauan di lokasi, kegiatan ini menampilkan beragam kebudayaan Betawi. Para warga yang datang pun mengenakan pakaian khas Betawi yakni kebaya encim dan baju sadaria.

Dalam kegiatan ini juga menampilkan berbagai kesenian Betawi. Seperti atraksi beduk, ondel-ondel, keroncong Betawi. Para warga juga mengikuti arak-arakan.



Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menggelar acara Lebaran Betawi 2023 yang berlangsung 20-21 Mei di Sisi Selatan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat. Adapun Lebaran Betawi kali ini mengusung tema 'Betawi Kompak, Jakarta Sukses, Indonesia Maju'.

"Puncak acara Lebaran Betawi 2023 di Monas besok Hari Minggu dihadiri Bapak Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono," kata Kepala UPT Monas, Isa Sarnuri kepada wartawan di Monas, Sabtu 20 Mei 2023.

Sementara itu terpisah, Ketua Panitia Lebaran Betawi, Beky Mardani mengatakan, ragam sajian hiburan khas betawi tersedia mulai dari atraksi bedug hingga lenong atau komedi. Tak hanya itu, malam hari nanti bakal ada sajian layar tancap yang sudah mulai jarang ditemui masyarakat Jakarta.

"Dengan berbagai hiburan ya dari sejak pagi ada atraksi bedug hiburannya macam macam ada gambus, gambang, komedi, lanjut dengan lainnya. Besok ada parade budaya ada prosesi hantaran dan juga hiburan. Bahkan nanti malam ada layar tancap sebagai salah satu ciri dari masyarakat yang di Jakarta yang sudah sulit ditemui," ucap Beky.



Beky mengungkapkan, acara Lebaran Betawi baru terselenggara kembali setelah pandemi Covid-19 mulai mereda atau setelah tiga tahun tidak dihelat. Menurutnya terdapat perbedaan salah satunya tidak bisa memanfaatkan seluruh area Monas untuk menggelar kegiatan tersebut.

"Kalau kita lihat perbedaan dari tahun yang dulu tentu saja berbeda, kenapa? Tahun ini setelah kosong tiga tahun itu tahun ini ditempatnya disini yang ternyata ada regulasi pembatasan pemanfaatan kawasan Monas, kalau dulu ada bazzar segala macam sekarang nggak ada bazzar kenapa? Lingkungan monas sekarang sudah ada aturan tidak boleh," tuturnya.

Beky menyebut antusias masyarakat cukup tinggi sejak dibuka pukul 08.00 WIB. Dia berharap, Lebaran Betawi ini tetap ramai hingga pukul 18.00 WIB nanti.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2040 seconds (0.1#10.140)