Kreatif! Permukiman Warga di Jakarta Utara Dipercantik dengan Lukisan Mural yang Mengedukasi

Kamis, 18 Mei 2023 - 14:54 WIB
loading...
Kreatif! Permukiman Warga di Jakarta Utara Dipercantik dengan Lukisan Mural yang Mengedukasi
Kawasan dan pemukiman warga di Kelurahan Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara, kini semakin cantik dengan kehadiran sejumlah lukisan mural. Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Kawasan dan pemukiman warga di Kelurahan Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara, kini semakin cantik dengan kehadiran sejumlah lukisan mural . Lukisan yang indah itu juga berfungsi sebagai media dalam penyampaian pesan moral untuk mendidik masyarakat.

Lurah Semper Timur Sarmudi mengatakan bahwa gagasan mural edukasi tersebut direalisasikan dalam pelaksanaan kegiatan penataan kawasan di lingkungan RW 05 Semper Timur.


"Untuk penataan wilayah di lingkungan RW 05 memiliki panjang jalan sekitar 400 meter. Ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan menjadi empat tahap. Saat ini, sedang pengerjaan tahap kedua," kata Sarmudi, Kamis (18/5/2023).

Dalam mural tersebut terdapat pesan moral yang disampaikan, seperti cintai bumi, kurangi sampah plastik, membawa tas belanja sendiri, membawa kotak makan sendiri, jagalah kebersihan, bersih lingkungannya, sehat warganya, dan lainnya.


Perpaduan gambar dan tulisan yang berisikan pesan moral itu diharapkan menjadi daya tarik bagi masyarakat. Selain di tembok, pembuatan mural juga dilakukan di jalan biar lebih menarik.

"Anak-anak juga akan suka melihat lukisan mural di lokasi itu apalagi disana juga ada mural permainan tradisional," ujarnya.

Kreatif! Permukiman Warga di Jakarta Utara Dipercantik dengan Lukisan Mural yang Mengedukasi


Sarmudi berharap pesan moral yang disampaikan melalui mural edukasi itu akan menjadi pengingat dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

Salah satu warga RT 06 RW 05 Juju, mengatakan bahwa dengan adanya pennataan tersebut membuat lingkungan semakin rapih dan menarik perhatian warga maupun masyarakat yang melintas.

"Dengan adanya penataan kawasan, warga masyarakat bisa semakin tergerak lagi untuk ikut menjaga dan merawat lingkungannya. Lokasi di sini jadi semakin rapi, bersih, dan indah. Apalagi ada mural yang keren dan warna warni," tutupnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)