Pakai Huruf Belakang O dan A, Apalagi Perbedaan Bintaro dan Bintara?

Kamis, 11 Mei 2023 - 12:55 WIB
loading...
Pakai Huruf Belakang O dan A, Apalagi Perbedaan Bintaro dan Bintara?
Wilayah Bintaro di Jakarta Selatan. Nama Bintaro mempunyai kemiripan dengan Bintara yang berada di Bekasi Barat, Kota Bekasi. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perbedaan Bintaro dan Bintara yang tampak jelas yaitu satu pakai huruf belakang O dan lainnya pakai huruf A. Sekilas memang mirip nama wilayah Bintaro dan Bintara, padahal jauh berbeda dari segi letak administratif.

Perbedaan yang paling kentara lainnya yakni Bintaro berada di Jakarta Selatan, sedangkan Bintara di Kota Bekasi . Masih banyak perbedaan lainnya.
Baca juga: Unik! Buah Jadi Nama Wilayah di Jakarta

Nah, berikut perbedaan Bintaro dan Bintara dihimpun Litbang MPI, Kamis (11/5/2023):

1. Letak Administratif
Bintaro merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Batas wilayah Kelurahan Bintaro di sebelah utara dengan Kelurahan Kebayoran Lama Utara dan Kebayoran Lama Selatan.

Di sebelah timur, berbatasan dengan Kelurahan Pondok Pinang. Sedangkan di sebelah barat, berbatasan dengan Kelurahan Pesanggrahan, dan dengan Kota Tangerang Selatan dan Kota Tangerang.

Sementara, Bintara merupakan kelurahan yang berada di Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi. Kelurahan Bintara berbatasan dengan Kelurahan Kotabaru di utara, Kelurahan Kranji di bagian timur, serta Kelurahan Jakasampurna dan Kelurahan Bintara Jaya di sebelah selatan.

Di sebelah barat, Kelurahan Bintara berbatasan dengan Kelurahan Pondok Kopi yang termasuk dalam Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Selain Bintara, Kecamatan Bekasi Barat juga memiliki kelurahan lainnya yang menyandang nama Bintara yaitu Bintara Jaya.

2. Luas Wilayah
Kelurahan Bintaro memiliki luas 4,55 km persegi atau mencakup 33,83 persen dari luas Kecamatan Pesanggrahan. Dibandingkan dengan luas kelurahan lain di Kecamatan Pesanggrahan, Kelurahan Bintaro merupakan kelurahan dengan wilayah paling luas.

Sementara, luas Kelurahan Bintara di Kecamatan Bekasi Berat sekitar 339,82 hektare atau 3,39 km persegi.

3. Jumlah Penduduk
Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), Kelurahan Bintaro dan Kelurahan Bintara memiliki jumlah penduduk yang tidak jauh berbeda. Kelurahan Bintaro mempunyai penduduk sebanyak 65.448 jiwa pada 2020. Sedangkan jumlah penduduk Kelurahan Bintara sebanyak 68.980 jiwa pada tahun 2020.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0831 seconds (0.1#10.140)